6 Alasan Mengapa Anda Tak Harus Melakukan Diet

Loading...

DietMengapa tak harus melakukan diet?

Diet biasanya dilakukan orang dengan berbagai macam alasan. Antara lain, agar mendapatkan berat badan yang ideal dan membentuk tubuh agar lebih indah. Cara umum berdiet antara lain dengan mengurangi asupan makan yang mengandung lemak dan kalori. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa alasan yang menjadi alasan mengapa Anda tidak harus melakukan diet?

Simak uraian berikut ini.

1. Membatasi Asupan Nutrisi.

Diet berarti mengurangi asupan makanan, yang berarti ikut mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya nasi yang merupakan sumber karbohidrat, atapun daging yang merupakan sumber protein, karena ingin berdiet Anda mengurangi atau bahkan tidak mengkonsumsi nasi, meskipun Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi makanan lain yang juga bisa menjadi sumber karbohidrat, tapi tetap saja tubuh tidak akan mendapatkan nutrisi yang lengkap.

2. Mengurangi Asupan Lemak Esensial.

Tidak semua lemak bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Bagaimanapun lemak tetap dibutuhkan agar tubuh memiliki energi dan tenaga untuk beraktifitas sepanjang hari.

READ:  8 Kebiasaan Buruk Penyebab Back Pain

3. Membuat Anda Merasa Jadi Gampang Lelah.

Karena kurangnya asupan nutrisi yang sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi energi yang digunakan agar bisa beraktifitas, maka tubuh akan cepat merasa lemas dan kurang bersemangat.

4. Bisa Jadi Lebih ‘Moody’.

Tidak bisa mendapatkan apa yang ingin dimakan karena sedang berdiet biasanya membuat Anda gampang marah. Kenapa? Rasa kecewa karena menahan keinginan akan sangat mempengaruhi mood atau suasana hati.

5. Malah Akan Menambah Berat Badan Anda.

Ketika keinginan untuk makan sesuatu yang diinginkan ditahan karena diet, lalu jika tiba waktunya untuk makan, Anda bisa jadi kalap dan melupakan program diet yang akibatnya justru berat badan Anda akan bertambah. Biasanya orang yang berdiet akan makan banyak ketika tiba waktunya makan malam lalu tidur karena telah menahan lapar sepanjang hari.

6. Menyebabkan Gangguan Mental.

Kedengarannya konyol memang. Namun apa yang kita makan, konsumsi, secara langsung mempengaruhi otak dan tubuh. Jika kita tidak berhati–hati dalam menjaga asupan vitamin dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh dan otak, bisa menyebabkan resiko gangguan mental seperti, depresi, alzheimer, parkinson jadi meningkat.

READ:  Mengenal Genotype Diet

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat, Anda tentu harus memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh. Namun, memenuhi asupan nutrisi tidak berarti kita harus makan secara berlebihan. Semuanya harus seimbang dan yang penting jangan lupa untuk banyak bergerak dan berolahraga agar tubuh jadi lebih aktif dan sehat.

(photo: fitness.makeupandbeauty.com)