Ingin Traveling Hemat? Simak 4 Tips Ini!

Loading...

Bagi seorang backpacker, adalah penting untuk selalu mengontrol pengeluaran agar tidak over budget selama melakukan traveling. Anda dapat melakukan beberapa hal misalnya menyusun itinerary sebelum melakukan perjalanan agar Anda bisa mengira-ngira berapa budget yang harus Anda sediakan. Anda juga bisa mencari tahu melalui internet atau bertanya di forum-forum backpacker tentang hostel dan rekomendasi warung makan murah di sekitar lokasi wisata.

Kami berbagi tips untuk berhemat ketika sedang traveling, mencakup 4 hal yang paling penting.

1. Makanan

warung kaki lima
Hemat 1 – Makan di warung kaki lima (photo: archive.kaskus.co.id )

Carilah hostel atau penginapan yang menyediakan sarapan gratis, biasanya berupa pancake atau sereal dan susu. Lumayan kan untuk menghemat pengeluaran? Anda tidak perlu mencari sarapan lagi. Selain itu, keuntungan lainnya adalah ketika Anda sarapan, Anda bisa berbincang-bincang dengan pemilik atau karyawan penginapan. Kali aja dapat informasi menarik tentang lokasi wisata yang akan Anda kunjungi.

Ada juga penginapan yang tidak menyediakan sarapan, akan tetapi biasanya memiliki dapur yang dapat digunakan oleh tamu-tamunya secara bersama-sama.

Biasakan untuk membawa cemilan dan air putih. Selain menghemat, Anda dapat mengisi ulang botol minum Anda. Jika diakumulasikan maka lumayan menghemat.

Untuk makan siang dan makan malam, carilah kuliner lokal di kaki lima. Selain lebih murah, tentu lebih menarik mengamati kehidupan masyarakat lokal yang tidak akan pernah Anda tahu jika Anda makan di restoran. Mencicipi makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat lokal merupakan salah satu cara terbaik untuk mempelajari budaya yang berbeda.

READ:  8 Lokasi Pre-wedding Terbaik di Bali

2. Akomodasi

Hostel
Hemat 2 – Penginapan murah (photo: egc2008.eu)

Beberapa penginapan akan mengijinkan Anda menginap secara gratis jika Anda menawarkan diri untuk membantu bersih-bersih. Biasanya hal ini hanya untuk penginapan tertentu saja. Tidak ada salahnya bukan? Kecuali jika Anda merasa malu atau gengsi maka coret opsi ini.

Jika Anda ingin berlibur dengan cara hemat maka lupakan tentang menginap di hotel berbintang. Pemilihan penginapan akan berdampak besar pada budget liburan. Carilah penginapan dengan biaya rendah. Biasanya penginapan yang terletak di dalam gang akan lebih murah dibandingkan penginapan di jalan raya yang ramai.

Pertimbangkan juga fasilitasnya. Semakin banyak fasilitas kamar maka biaya akan semakin mahal. Anda sedang berlibur bukan? Menurut pengalaman, Anda hanya akan berada di kamar saat malam hari untuk beristirahat, sisanya akan dihabiskan di tempat wisata. Jadi sebaiknya mempertimbangkan untuk memilih kamar dengan fasilitas macam-macam yang pada akhirnya tidak akan digunakan padahal sudah membayar mahal.

Yang terpenting adalah kamar yang nyaman dan aman. Jangan lupa mencari tahu reputasi hostel atau penginapan yang Anda tuju. Bisa melalui internet, forum atau bertanya ke teman yang mungkin sudah pernah berkunjung ke daerah tujuan Anda.

READ:  4 Tips Bila Anda Kehabisan Uang Pada Saat Traveling

Akan lebih baik lagi Anda memiliki sanak saudara daerah yang Anda tuju, sehingga akan memangkas biaya untuk penginapan. Anda juga bisa memakai jaringan couchsurfing. Nilai plusnya selain bersahabat untuk kantong, Anda bisa berinteraksi dengan masyarakat lokal dan mendapatkan informasi terpercaya seputar lokasi liburan Anda.

3. Transportasi

hitchhiking
Hemat 3 – Hitchhiking (photo: guardian.co.uk)

Menuju lokasi wisata dengan angkutan umum. Cara ini memang murah dibandingkan dengan taksi, tapi kekurangannya adalah Anda membutuhkan waktu agak lama. Belum lagi jika angkutannya kelamaan ngetem atau Anda harus berkali-kali ganti angkutan umum untuk menuju lokasi wisata tujuan Anda.

Anda bisa mencoba opsi menyewa motor, jika ada. Lebih murah, lebih cepat, dapat menghindari macet dan Anda dapat mampir ke mana saja Anda mau.

Cara lain adalah Anda dapat mencoba hitchhiking, menumpang mobil orang-orang yang mungkin saja akan melintasi kawasan tersebut. Tentu cara ini akan memakan waktu yang agak lama. Tapi sisi menyenangkannya adalah Anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk sampai ke lokasi wisata tujuan Anda.

Jika destinasi tujuan Anda tidak terlalu jauh, Anda bisa berjalan kaki. Anda dapat memotret hal-hal menarik sepanjang jalan yang mungkin tidak akan Anda temui jika naik motor atau angkutan umum. Istirahatlah jika lelah dan berinteraksilah dengan penduduk lokal.

READ:  5 Barang Wajib Bawa Untuk Hijab Traveller

4. Ole-ole

 

Belanja ole-ole
Hemat 4 – Belanja ole-ole di pasar tradisional (photo: kratonpedia.com)

Hal ini biasanya tak luput ketika teman-teman dan keluarga tahu Anda akan liburan. Padahal ada yang mengatakan bahwa salah satu aturan backapacker adalah no ole-ole 😀 Berburu ole-ole memang menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selain untuk buah tangan keluarga, memiliki cinderamata khas sebagai kenang-kenangan biasanya menjadi alasan utama.

Sebaiknya luangkan waktu di hari terakhir untuk berburu ole-ole dan barang kerajinan. Selain menghemat, Anda tidak akan terbebani dengan barang bawaan tambahan saat harus berpindah-pindah penginapan. Jika Anda membeli ole-ole di awal liburan dan kebablasan, bagaimana Anda akan survive hingga hari terakhir?

Hindari berbelanja ole-ole di toko cinderamata, akan lebih murah jika Anda mencari ole-ole ke pasar-pasar tradisional. Jika memungkinkan, Anda bahkan bisa langsung ke pabrik atau lokasi pembuatannya.

Nah, 4 hal penting di atas akan berbeda pelaksanaannya untuk setiap orang. Sebenarnya tidak ada aturan baku tentang traveling hemat, jalani saja, sepanjang Anda merasa nyaman maka itulah yang terbaik. Selamat liburan.