Tips Merawat Sepatu

Loading...

Tips merawat sepatuSepatu

Berbicara tentang sepatu, adalah penting untuk menjaga sepatu selalu bersih dan dalam kondisi baik. Selain karena penggunaan setiap hari, sepatu kadang-kadang mudah rusak karena penyimpanan dan perawatan yang salah.

Kami berbagi tips dasar merawat sepatu, agar sepatu Anda terjaga kondisinya, tetap awet dan nyaman digunakan.

Cara merawat sepatu harus mempertimbangkan bahan sepatu, apakah dari kulit, beludru, kanvas, dan lain-lain, karena setiap bahan sepatu berbeda cara perawatannya.

Jika sepatu terbuat dari bulu, dapat dibersihkan dengan kain lembab dan bulu-bulu halusnya dapat disikat menggunakan sikat halus. Perlu diingat bahwa sepatu yang terbuat dari bahan beludru sangatlah sensitif. Jadi disarankan untuk membeli produk pembersih spesial untuk sepatu berbahan seperti ini. Untuk sepatu kulit dapat dibersihkan dengan menggunakan lap basah kemudian keringkan dengan kanebo.

Jika Anda memiliki lebih dari sepasang sepatu, sebaiknya sih pemakaian sepatu digunakan bergantian. Biasanya, ada sepatu favorit jadinya kemana-mana maunya pake sepatu itu saja. Akhirnya sepatu favorit jadi cepat rusak deh.

READ:  Cara Merawat Sepatu Kulit Yang Basah

Sesuatu hal yang umum terjadi pada sepatu adalah jamuran. Dianjurkan untuk menyemprot desinfektan ke bagian dalam sepatu untuk mencegah timbulnya jamur.

Jika sepatu basah karena hujan, jangan mengeringkan sepatu dengan pemanas atau radioator karena dapat menyebabkan pengerasan, warna menjadi pudar dan sepatu jadi cepat rusak.

Yang terbaik adalah membiarkan sepatu kering dengan sendirinya, dan Anda juga bisa menempatkan kertas di bagian dalam sepatu untuk menyerap kelembaban.

Simpanlah sepatu di dalam kotak jika tidak sedang digunakan, pastikan sepatu dan kotak dalam keadaan bersih. Jangan lupa, beri lubang udara agar sepatu tak lembab dan menyebabkan jamur mudah tumbuh.

(foto: shoeperwoman.com)