8 Tips Traveling Bagi Ibu Hamil

Loading...

wanita hamil dan travelingWanita hamil traveling, amankah?

Meskipun bisa sangat aman untuk melakukan perjalanan selama masa kehamilan, Anda akan perlu melakukan beberapa perencanaan tambahan dan mengambil tindakan pencegahan.

Berikut adalah daftar hal yang harus dilakukan sebelum Anda bepergian, dikutip dari babycenter.com:

1. Konsultasi dengan penyedia layanan kesehatan

Tanyakan kepada dokter atau bidan apakah ada masalah medis yang Anda perlu khawatirkan atau Anda baik-baik saja untuk melakukan perjalanan.

2. Pertimbangkan jadwal tes kehamilan

Mengatur waktu perjalanan Anda di setiap tes prenatal yang Anda inginkan atau butuhkan untuk jadwal.

3. Kumpulkan catatan medis dan informasi kesehatan yang penting

Sebelum Anda pergi, siapkan daftar nama dan nomor telepon yang Anda perlukan dalam keadaan darurat. Jika Anda berada di trimester kedua atau ketiga, bawa salinan grafik prenatal Anda juga. Jika Anda merencanakan kunjungan panjang, minta penyedia layanan kesehatan merujuk Anda kepada seseorang di daerah untuk check-up atau keadaan darurat.

4. Pastikan memiliki semua obat yang Anda butuhkan

Bawa pasokan obat dan vitamin prenatal yang mungkin Anda perlukan selama perjalanan Anda – terutama jika Anda akan ke suatu tempat di mana obat tidak tersedia.

READ:  Bisnis Apa yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga?

5. Periksa polis asuransi kesehatan Anda

Cari tahu apakah itu mencakup komplikasi kehamilan selama perjalanan ke tujuan Anda (terutama jika mereka termasuk negara-negara asing). Jika tidak, Anda mungkin ingin membeli asuransi tambahan.

6. Membeli asuransi perjalanan

Ini asuransi khusus yang meliputi biaya jika Anda kehilangan dalam perjalanan Anda. Pastikan kebijakan mencakup komplikasi kehamilan serta transportasi darurat medis dari tujuan yang Anda pilih.

7. Siapkan untuk hal yang tak terduga

Catat nomor telepon untuk setiap maskapai penerbangan yang Anda akan gunakan, dalam kasus Anda perlu untuk mengkonfirmasi atau menjadwal ulang penerbangan. Dan selalu membawa ponsel, terutama jika Anda bepergian sendirian.

8. Jika terbang pada trimester ketiga, periksa kebijakan maskapai penerbangan Anda

Meskipun aturan bervariasi, banyak perusahaan penerbangan tidak mengizinkan wanita hamil untuk terbang selama minggu atau bulan terakhir kehamilan mereka tanpa catatan dari penyedia pelayanan kesehatan mereka.

(photo: alitalia.com)