7 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Loading...

susu kedelaiSusu kedelai

Bukan rahasia umum lagi kalau ternyata kacang kedelai tak hanya bisa diolah menjadi tempe atau tahu, lebih daripada itu kacang kedelai juga bisa diolah menjadi minuman yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Susu kedelai yang di beberapa daerah dikenal sebagai air tahu ini ternyata mengandung banyak manfaat.

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui apa saja manfaatnya.

1. Sumber Protein

Susu kedelai memiliki protein yang hampir sama banyaknya dengan susu sapi, namun, tentu saja protein yang terdapat dalam susu kedelai merupakan protein nabati. Susu kedelai merupakan pilihan yang cocok bagi Anda yang alergi terhadap protein hewani ataupun alergi terhadap susu sapi.

2. Heart – Friendly

Susu kedelai sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung koroner, karena jumlah lemak jenuhnya sangat kurang. Mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

3. Tidak mengandung Laktosa.

Laktosa adalah kandungan gula gabungan antara glukosa dan galaktosa yang ada dalam susu. Jadi, susu kedelai merupakan pengganti yang tepat bagi mereka yang intolenransi terhadap laktosa (biasanya terdapat dalam susu sapi).

READ:  Tips Pengobatan Mata Berair Dan Belekan Pada Bayi

4. Cocok Untuk Bayi.

Bisa diberikan pada bayi yang menderita Galaktosemia.

5. Tak Menyebabkan Alergi.

Karena bebas kandungan laktosa, kasein, gluten maka susu kedelai tidak akan menyebabkan alergi.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan.

Mengapa? Susu kedelai hanya mengandung sedikit kalori, mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu menghambat penyerapan lemak serta memberikan efek ‘kenyang’ sehingga menekan nafsu makan.

7. Mengurangi Resiko Kanker.

Kedelai mengandung isoflavon yang setara dengan esterogen. Membantu memperlambat penuaan dini serta mengurangi resiko terkena kanker prostat dan kanker payudara.

(photo: godsdirectcontact.org)