Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Bagi Karyawan ‘Berumur’

Loading...

Wawancara KerjaWawancara Kerja

Beberapa orang mempercayai bahwa orang yang sudah berusia dia atas 50 tahun sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Menurut Society for Human Resource Management, itu merupakan stereotipe yang tidak selalu benar. Sikap adalah hal yang terpenting yang menjadi ‘resep’ berhasilnya seseorang dalam mendapatkan pekerjaan.

Pelamar yang sudah ‘tua’ harus mengajukan lamaran dengan antusias, bersikap positif seperti pelamar yang lebih muda. Sikap itu juga harus tercermin dalam resume Anda agar mereka tertarik mewawancarai dan menerima Anda menjadi karyawan mereka.

Pengalaman

Konsultan Sumber Daya Manusia di Society for Human Resource Management melaporkan bahwa setiap lamaran atau resume yang masuk harus disesuaikan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Disini biasanya para pelamar yang lebih tua mendapatkan keuntungan karena mereka terkadang lebih berpengalaman. Pilihlah paling tidak tiga pengalaman dalam pekerjaan anda sebelum-sebelumnya dan ceritakan kaitannya dengan pekerjaan yang saat ini anda lamar.

Up to Date

Ini penting karena yang akan memperkerjakan Anda nantinya akan tahu kemampuan yang anda miliki saat ini dan pelatihan yang akan diberikan bila Anda diterima harus up-to-date. Tuliskan juga bahwa skill yang Anda miliki saat ini nantinya akan menguntungkan perusahaan tersebut.

READ:  Multitasking dan Produktivitas

Format

Menurut Quintessential Careers, format resume yang fungsional sangat ideal untuk pemburu pekerjaan yang lebih tua yang ingin menghilangkan tanggal atau setidaknya mengurangi relevansi mereka.

Daripada membuat daftar pengalaman kerja Anda agar diterima, kelompokkan keterampilan Anda, sebutkan nama atasan Anda sebelumnya. Tambahkan beberapa contoh untuk menunjukkan kemampuan di mana Anda menggunakan keterampilan-keterampilan tersebut.

Judul Pekerjaan

Konsultan pekerjaan di Quintessential Careers menyarankan agar membuat sebuah kondisi bahwa Anda pernah mendapatkan tawaran pekerjaan di suatu tempat sebagai seorang manajer namun Anda menolaknya karena Anda lebih berkualitas daripada itu.

Menggunakan format fungsional, atau keterampilan berbasis juga membebaskan Anda untuk menghilangkan jabatan, terutama yang relevan dengan posisi yang sedang Anda cari. Misalnya, jika Anda adalah seorang wakil presiden senior di bank dan Anda mencoba untuk mendapatkan pekerjaan sebagai manajer menengah, tampaknya aneh.

Namun, jika Anda adalah seorang manajer menengah di sebuah perusahaan dan mencari langkah lateral, judulnya mungkin jadi lebih tepat.

Pemindahan

Banyak pelamar kerja yang lebih tua menghabiskan waktu berharga dan energi dalam kegiatan yang tidak dibayar atau bekerja namun tidak ada kaitannya, namun relevan dengan aplikasi saat ini. Anda juga harus menyertakan keterampilan ketika Anda menjadi seorang volunteer dalam kegiatan sosial maupun kegiatan amal yang pernah Anda lakukan.

READ:  10 Tips Menjadi Pekerja Jarak Jauh Yang Handal

Jika Anda memiliki kesenjangan besar dalam riwayat pekerjaan, resume fungsional, tambahkan dengan keterampilan dan prestasi yang Anda dapatkan dari pekerjaan sukarela yang pernah dikerjakan juga cocok untuk resume.

(photo: cte.uwaterloo.ca)