Adakah Manfaat Menumbuhkan Jenggot Bagi Pria?

Loading...

robert-pattinson-twilightRobert Pattinson dan jenggotnya

Kebanyakan wanita menyukai bila pasangannya memiliki wajah yang bersih dan tanpa kumis serta jenggot. Namun ternyata memelihara jenggot memiliki banyak keuntungan bagi pria, salah satunya melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Southern Queensland.

Penelitian dilakukan dengan membandingkan paparan sinar UV yang didapatkan oleh manekin yang diberi jenggot serta kumis dengan manekin yang bersih tanpa jenggot kumis,  menggunakan teknik domestrik yang mengukur jumlah radiasi. Hasilnya, janggut lebat ternyata mampu memberikan perlindungan sampai dengan 95% terhadap sinar matahari.

Seperti yang dikatakan oleh Dr Nick Lowe, seorang ahli dermatologi dari London, semakin tebal rambut, semakin baik perlindungannya terhadap kulit.

Teori lain mengatakan bahwa janggut yang keriting justru perlindungannya semakin bagus, gelombang cahaya akan terpecah sehingga akan semakin sulit mencapai permukaan kulit dan kulitpun jadi semakin terlindungi.

Selain itu, pria yang memiliki kumis juga ternyata memilik tingkat resiko terkena asma yang lebih rendah dibandingkan dengan pria yang tidak memiliki kumis. Semua itu karena kumis bisa mencegah alergen masuk ke hidung sehingga tidak akan terhirup paru–paru.

READ:  Antibiotik dan Cara Kerjanya

Namun, asma yang disebabkan oleh debu tidak bisa di hadang karena ukurannya mikroskopik. Keuntungan lainnya, dengan memelihara jenggot bisa mencegah infeksi kulit yang disebabkan terluka saat bercukur, hal ini tentunya karena Anda tidak mencukur.

(photo: vanityfair.com )