Inilah Penyebab Orang Cepat Pikun

Loading...

penyakit lupaLupa, sering menyebabkan banyak hal jadi berantakan

Pikun adalah suatu keadaan di mana seseorang merasa sering melupakan sesuatu. Misalnya lupa tempat menaruh kunci rumah, lupa di mana menyimpan remote televisi dan lain–lain. Biasanya pelupa dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Namun saat ini banyak juga yang berusia muda tapi sudah sering mengalami kelupaan.

Nah, apa saja penyebab orang cepat lupa?

1. Terlalu Banyak Makan

Terlalu banyak makan terutama makanan yang mengandung lemak dapat membuat pembuluh darah otak mengeras. Hal ini disebabkan penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah, sehingga menyebabkan kemampuan kerja otak menurun.

2. Merokok

Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama buat otak. Otak dapat menyusut dengan cepat dan akhirnya akan kehilangan fungsi-fungsinya, bila kita sering merokok.

3. Mengonsumsi gula berlebihan

Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat menyebabkan terganggunya proses penyerapan nutrisi dan protein di dalam tubuh. Akibatnya terjadi ketidakseimbangan gizi yang menyebabkan gangguan perkembangan otak.

4. Kurang tidur

Terlalu sering begadang membuat pola tidur terganggu, sementara otak butuh tidur untuk istirahat dan memulihkan kondisinya. Kurang tidur dapat menyebabkan kerusakan sel–sel pada otak

READ:  Inilah Manfaat Toner Wajah dan Cara Pemakaiannya

5. Kurang stimulasi pada otak

Otak yang jarang digunakan untuk berpikir kritis dapat menyebabkan penyusutan. Seperti halnya orang lanjut usia yang tak lagi sering berpikir banyak hal.

6. Kurang berkomunikasi

Berkomunikasi secara aktif penting untuk perkembangan otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi kerja otak. Orang yang jarang berkomunikasi dengan sesamanya dapat membuat kemampuan intelektualnya menjadi kurang terlatih.

Sebaiknya hindari ke 6 hal tersebut untuk mencegah pikun di usia dini.

(Photo : cosmopolitan.co.id)