10 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Loading...

mengingatBagaimana meningkatkan daya ingat?

Otak manusia adalah seperti sebuah perpustakaan yang menyimpan kenangan dan bukannya buku. Dalam beberapa hal, itulah yang membuat hippocampus, bagian dari otak yang paling terlibat dalam memori, menjadi pustakawan otak. Hippocampus memiliki tanggung jawab paling besar dalam perpustakaan cranial. Berbagai jenis memori disimpan di daerah yang berbeda pada otak.

Ada beberapa hal yang semua orang bisa lakukan untuk mengoptimalkan penyimpanan dan memeriksa kenangan kita di perpustakaan pribadi. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan memori, dirangkum dari dsc.discovery.com.

1. Minum Secukupnya

Memori dan alkohol memiliki hubungan yang menarik. Minum terlalu banyak bisa menyebabkan cacat memori. Dan salah satu komponen dari tes DUI menunjukkan bagaimana alkohol berlebihan dapat langsung mempengaruhi otak. Penyalahgunaan alkohol akan memiliki efek negatif pada sel-sel otak yang berhubungan dengan memori.

Tapi selama Anda tidak hamil dan mampu mengontrol berapa banyak Anda minum, ada bukti bahwa konsumsi alkohol ringan hingga moderat dapat meningkatkan memori dan kognisi. Meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

READ:  5 Tips Menjaga Kesehatan Dalam kesibukan

2. Carilah Pengobatan Untuk Depresi

Apapun yang menyebabkan stres dalam hidup, termasuk kecemasan atau kemarahan, akhirnya akan menggerogoti bagian otak yang bertanggung jawab pada memori. Depresi sering salah diidentifikasi sebagai masalah memori karena salah satu gejala utama dari kondisi adalah ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.

3. Bergerak

Latihan tidak hanya untuk tubuh, tapi juga otak. Otak bergantung pada energi yang diterima melalui asupan oksigen yang konstan dan nutrisi dari aliran darah. Jadi untuk menjaga darah bergerak ke otak, Anda perlu untuk bangun dari kursi Anda dan bergeraklah!

4. Visualisasi dan Asosiasi

Sebuah gambar senilai seribu kata, seperti kata pepatah, sehingga mengubah daftar kata acak menjadi gambar dapat membantu Anda mengingat kata-kata dengan lebih baik. Anda dapat menggunakan visualisasi untuk mengingat daftar seluruh hal jika Anda mengasosiasikan gambar-gambar tersebut.

5. Beri Perhatian

Delapan detik adalah jumlah waktu yang Anda butuhkan untuk benar-benar memusatkan perhatian Anda pada sesuatu untuk secara efektif mentransfer dari memori jangka pendek ke jangka panjang.

READ:  Definisi Plastisitas Otak

6. Permainan Nama

Ketika Anda bertemu orang baru, sangat penting untuk memperhatikan nama dan wajah. Segera setelah Anda tahu nama, ulangi kembali ke orang dengan mengatakan, “Senang bertemu dengan Anda, begitu-dan-begitu.” Ini bukan trik murah, peneliti telah menemukan bahwa orang memiliki kesempatan 30 persen lebih baik dalam mengingat nama ketika mereka mengulanginya.

7. Potongan Memori

Menempatkan sejumlah besar informasi ke dalam potongan yang lebih dikelola sehingga Anda memiliki lebih sedikit untuk diingat.

8. Metode Lokus

Dalam menggunakan Metode Lokus, Anda pada dasarnya menggotong informasi yang perlu Anda ingat di atas informasi yang hampir mustahil untuk Anda lupakan.

9. Gunakan Lingkungan Anda

Dengan meletakkan sesuatu di lingkungan Anda sedikit miring, Anda membuat pengingat visual untuk diri sendiri. Kuncinya, seperti dengan metode lain, adalah dengan meluangkan waktu untuk menciptakan visualisasi yang kuat.

10. Practice Makes Perfect

Tidak semua orang segera mulai menciptakan visualisasi bermanfaat atau menggunakan metode lokus untuk mengingat hal-hal, tetapi ketika otak Anda dilatih untuk berpikir seperti itu, itu akan menjadi lebih mudah.

READ:  Video Game Dapat Membantu Otak yang Menua Tetap Tajam

(photo: 100fd.com)