7 Ancaman Kesehatan Bagi Wanita dan Pencegahannya

Loading...

kesehatan wanitaPentingnya menjaga kesehatan

Banyak ancaman yang mengarah ke kesehatan wanita yang dapat dicegah – jika Anda tahu bagaimana. Pertimbangkan tujuh ancaman kesehatan bagi wanita berikut dan bagaimana cara mencegahnya, dikutip dari mayoclinic.com.

No 1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung bukan hanya penyakit bagi laki-laki – ia juga merupakan ancaman utama bagi kesehatan wanita. Bertanggung jawablah terhadap kesehatan jantung dengan membuat pilihan gaya hidup sehat. Sebagai contoh:

– Jangan merokok
– Makan makanan yang sehat
– Mewaspadai kondisi kronis
– Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda
– Menjaga berat badan yang sehat
– Batasi alkohol
– Kelola stress

No 2. Kanker

Berbagai jenis kanker menjadi perhatian khusus bagi wanita, termasuk kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kulit dan kanker kolorektal. Untuk mengurangi resiko kanker, pertimbangkan tips umum berikut:

– Jangan merokok
– Menjaga berat badan yang sehat
– Melakukan aktivitas fisik
– Makan banyak buah dan sayuran
– Lindungi diri dari matahari
– Batasi alkohol
– Menyusui
– Deteksi dini

READ:  Tips Agar Tak Frustasi Ketika Berdiet

No 3. Stroke

Anda tidak dapat mengendalikan beberapa faktor resiko dari stroke, seperti riwayat keluarga, usia dan ras. Tapi Anda dapat mengontrol faktor-faktor lainnya. Misalnya:

– Mengelola kondisi kronis
– Jangan merokok
– Membuat pilihan gaya hidup sehat
– Batasi alkohol

No 4. Penyakit pernapasan bawah kronis

Kondisi paru-paru kronis – yang meliputi bronkitis dan emfisema – juga menjadi perhatian bagi wanita. Untuk melindungi kesehatan pernapasan Anda:

– Jangan merokok
– Jauhi polutan
– Cegah infeksi pernapasan

No 5. Alzheimer

Tidak ada cara yang telah terbukti untuk mencegah penyakit Alzheimer, tetapi pertimbangkan untuk mengambil langkah-langkah berikut:

– Mengelola kondisi kronis
– Jangan merokok
– Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian
– Menjaga kebugaran sosial dan mental

No 6. Kecelakaan

Kecelakaan kendaraan bermotor adalah penyebab utama kecelakaan fatal di kalangan wanita. Untuk tetap aman di jalan, kenakan sabuk pengaman Anda. Ikuti batas kecepatan. Jangan mengemudi di bawah pengaruh alkohol atau zat lainnya, dan jangan mengemudi saat sedang mengantuk.

READ:  Tips Menjadi Wanita Yang Menyenangkan Bagi Pasangan

No 7. Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2, jenis yang paling umum dari diabetes, mempengaruhi cara tubuh Anda menggunakan gula darah (glukosa). Diabetes yang kontrolnya buruk dapat menyebabkan penyakit jantung, masalah mata, kerusakan saraf, dan komplikasi lainnya. Untuk mencegah diabetes tipe 2, seriuslah terhadap pilihan gaya hidup Anda. Makan makanan yang sehat. Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda. Jika Anda kelebihan berat badan, turunkan berat badan.

(photo: anisecosmetics.com )