Tips Agar Anak Mau Makan

Loading...

anak sedang makan

Anak usia balita tentu membutuhkan banyak asupan nutrisi. Dan itu harus dipenuhi melalui makanan yang dimakan oleh anak. Namun, apa jadinya bila anak tidak memiliki nafsu makan? Berikut kami uraikan beberapa trik agar anak mau makan.

1. Atur Pola Makan Anak.

Aturlah pola makan anak. Mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam. Jangan lupa sisipkan menu camilan sehat agar anak tidak tertarik jajan. Selain bermanfaat dan nutrisi tubuh anak terpenuhi, anak juga dilatih untuk terbiasa dengan jadwal makannya.

2. Biarkan Dia Memilih Makanannya Sendiri.

Hal ini bukan berarti membebaskan anak makan apa saja yang dia inginkan. Beri mereka pilihan, misalnya, mereka lebih menyukai brokoli atau wortel. Jangan lupa agar tetap memberitahukan pada anak bahwa sayuran lainnya pun rasanya juga enak agar mereka tetap mau makan sayuran yang berbeda.

3. Kenalkan Berbagai Macam Makanan Secara Berulang.

Pada awalnya anak mungkin akan menolak ketika diberikan makanan baru. Jangan, putus asa, lakukan terus sambil menjelaskan manfaat apa yang akan mereka dapatkan jika mereka mau makan. Dan jangan lupa untuk kenalkan juga jenis–jenis lain dari sayuran serta buah agar anak tak bosan.

READ:  5 Tips agar Buah Hati Tumbuh Sehat dan Cerdas

4. Berikan Susu.

Meskipun pada umumnya anak suka minum susu, namun ada beberapa di antaranya tidak suka minum susu. Bila anak Anda salah satunya, coba berikan susu dengan rasa buah yang mereka sukai. Misalnya susu rasa stroberi. Susu sangat penting karena bisa membantu proses pembentukan agar tulang dan gigi mereka kuat.

(photo: cpheathrowairporthotel.co.uk)