6 Bagian Tubuh Yang Harus Diberi Sunscreen

Loading...

sunscreenLindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari

Kulit adalah salah satu organ yang paling luas dan terletak di paling luar. Kulitlah yang paling rawan terkena benda asing yang bisa melukai kulit. Terlalu sering beraktifitas di bawah sinar matahari tanpa mengoleskan sunscreen atau sunblock di kulit juga bisa merusak kulit dan meningkatkan resiko terkena kanker kulit.

Nah, berikut akan kami uraikan bagian tubuh mana saja yang paling penting dan HARUS dioleskan sunscreen menurut para ahli dermatologi seperti yang dikutip dari dailyglow.

1. Kulit Kepala.

Di situsnya, Erin M. Welch, M.D, seorang dokter kulit di Denver mengatakan bahwa kulit kepala juga memerlukan sunscreen. Kepala yang tidak ditutupi dengan topi akan langsung terpapar sinar matahari, akibatnya kulit kepala akan mudah berketombe, gatal bahkan kulit kepala jadi kering. Jalan keluarnya adalah dengan menggunakan sunscreen semprot atau bubuk dan mengaplikasikannya dengan menggunakan sikat rambut.

2. Telinga.

Howard Murad, MD, seorang dokter kulit di Los Angeles mengatakan telinga juga perlu menggunakan tabir surya. Karena dia menemukan banyak kasus pra-kanker terjadi pada telinga. Terutama saat mengemudi mobil. Sinar matahari bisa masuk meskipun terhalangi jendela dan akan langsung mengenai kulit.

READ:  Tips Membersihkan Wajah dengan Bahan Organik

3. Kelopak Mata.

Menurut Dr Kauvar, 5 sampai 10 persen dari kanker kulit terjadi pada kelopak mata. Dia merekomendasikan untuk mengenakan pelindung sinar UV yang bisa menutupi mata dan kulit disekitarnya, yaitu dengan menggunakan kacamata. Terutama bila kulit di sekitar mata sensitif terhadap produk tabir surya.

4. Bibir.

Kulit bibir berbeda dengan kulit bagian tubuh lainnya, maka dari itu mereka membutuhkan produk tersendiri dan khusus untuk bibir. Karena tingkat metastasis (penyebaran internal sel kanker) tingginya untuk sel skuamosa kanker, yakni sekitar 1% dari sebagian besar wilayah kulit, dan 20% bagian bibir. Untuk itu disarankan untuk selalu menggunakan lip balm.

5. Leher dan Dada.

Wanita terkadang lupa atau bahkan malas untuk mengoleskan tabir surya di beberapa bagian tubuh mereka karena menganggapnya bagian yang tersembunyi. Contohnya, bagian dada dan leher. Jadi, tetaplah mengoleskan tabir surya apalagi bila Anda senang mengenakan baju berkerah ‘V’ atau berkerah rendah.

6. Tangan dan Kaki.

Tangan dan kaki mungkin menjadi bagian tubuh yang paling penting untuk dioleskan tabir surya. Kenapa? karena tangan dan kaki adalah bagian yang paling sering terbuka dan terkena sinar matahari.

READ:  5 Cara Merawat Kesehatan Mata

Tips lain: Jika Anda senang berenang di pantai, sebaiknya oleskan tabir surya ke seluruh tubuh 15 menit sebelum turun ke laut agar tabir surya bisa meresap dan kering.

(photo: theage.com.au )