Rheumatoid Arthritis dan Kesehatan Jantung

Loading...

Rheumatoid ArthritisRheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan faktor resiko untuk penyakit jantung. Namun, diet jantung sehat dapat melindungi terhadap efek samping dan bahkan mungkin membantu meringankan gejala rheumatoid arthritis.

Anda mungkin tahu bahwa rheumatoid arthritis dapat menyebabkan sakit dan nyeri sendi, tetapi apakah Anda menyadari bahwa ia juga menimbulkan ancaman signifikan terhadap kesehatan jantung? Seperti kolesterol tinggi dan hipertensi, rheumatoid arthritis merupakan faktor resiko yang diketahui untuk penyakit jantung.

Kabar baiknya adalah orang dengan rheumatoid arthritis dapat melakukan banyak hal untuk membantu mencegah penyakit jantung. Diet jantung sehat dapat membawa ke arah pencegahan serangan jantung dan stroke, dan juga memiliki manfaat meminimalkan arthritis.

Simak artikel berikut untuk tahu lebih banyak, dikutip dari everydayhealth.com.

Rheumatoid Arthritis dan Kesehatan Jantung

Para peneliti telah mengidentifikasi beberapa kemungkinan alasan mengapa penyakit jantung lebih sering terjadi pada orang dengan rheumatoid arthritis:

– Peradangan kronis yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis menyebabkan arteri mengeras dan merusak sistemik lainnya hingga sistem peredaran darah.
– Obat yang diambil untuk mengobati gejala rheumatoid arthritis, seperti kortikosteroid, juga dapat membahayakan kesehatan jantung dari waktu ke waktu.
– Orang dengan rheumatoid arthritis dapat mengalami kelebihan berat badan, yang akan meningkatkan resiko penyakit jantung.

READ:  Gigi Sehat, Jantung Sehat?

Diet Rheumatoid Arthritis

Orang dengan gejala rheumatoid arthritis perlu mengawasi apa yang mereka makan, mengingat bahwa penyakit mereka merupakan faktor resiko untuk penyakit kardiovaskular, kata Lona Sandon, RD, LD, asisten profesor di Department of Clinical Nutrition di University of Texas Southwestern. “Mereka harus mengikuti diet jantung sehat yang mirip dengan seseorang dengan kolesterol tinggi,” kata Sandon. “Itu berarti hampir sebagian besar berupa pola makan nabati.”

Sebagai manfaat tambahan, orang yang mengikuti diet jantung sehat sering mengalami perbaikan gejala rheumatoid arthritis, kata Sandon. “Kurang berat berarti kurang tekanan pada sendi.”

Diet Jantung Sehat

Diet jantung sehat meliputi:

– Banyak sayuran dan buah-buahan. Ini memberikan banyak serat dan nutrisi dengan kalori lebih sedikit.
– Biji-bijian seperti gandum, gandum utuh, oatmeal, dan beras merah. Seluruh butir dicerna lebih lambat dan memberikan nutrisi yang lebih baik dan serat dari tepung olahan.
– Produk susu rendah lemak atau bebas lemak seperti susu, keju, dan yoghurt.
– Buncis dan kacang-kacangan, merupakan sumber protein yang baik dan serat.
– Daging tanpa lemak, unggas, dan ikan dalam jumlah yang lebih kecil.
– Minyak nabati seperti minyak zaitun, yang mengandung kolesterol “baik” dalam bentuk lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

READ:  Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Makanan Untuk Kesehatan Jantung

Ketika makan untuk kesehatan jantung, hindari:

– Lemak jenuh, yang biasanya padat pada suhu kamar – potongan lemak daging, batang mentega, lemak babi, dan keju yang terbuat dari susu murni.
– Lemak trans, yang biasanya ditemukan dalam makanan olahan. Carilah kata “hydrogenated” (terhidrogenasi) atau “partially hydrogenated” (terhidrogenasi sebagian) pada daftar bahan untuk adanya lemak trans.
– Penambahan gula dalam makanan, biasanya dalam bentuk sirup jagung tinggi fruktosa, fruktosa, sukrosa, atau dekstrosa.
– Natrium kadar tinggi.

(photo: cedars-sinai.edu )