Benarkah Musik Bisa Membuat Anak Jadi Lebih Cerdas?

Loading...

Bermain musikAnak bermain musik, dapatkah meningkatkan kecerdasan?

Sekarang ini kebanyakan orang tua berharap anaknya bisa bermain musik agar bisa jadi lebih cerdas. Mereka meyakini hal ini karena telah banyak penelitian yang mengatakan bahwa anak yang bisa bermain alat musik, IQ-nya akan jauh lebih tinggi, yang artinya jadi lebih cerdas dan nilai akademiknya lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang tidak tahu main musik.

Namun ternyata menurut Glenn Schellenber dari Universitas Toronto, pernyataan itu sangat menyesatkan. Menurutnya malah sebaliknya, anak yang mempunyai nilai akademik yang baik atau cerdas, akan lebih mudah belajar menggunakan berbagai macam alat musik. Masih menurut Glenn Schellenber, musik memang bisa mengubah diri kita namun jangan pernah memaksa anak untuk belajar atau bahkan menyuruhnya rutin mengikuti les karena mengharapkan nilai akademik si anak jadi lebih tinggi.

Anak yang mampu mengikuti kelas musik atau kursus musik tentu anak–anak yang beruntung karena secara tidak langsung itu mencerminkan bahwa mereka berasal dari keluarga yang berkecukupan. Kenapa? biaya kursus musik tidaklah murah dan belum lagi bila mereka harus membeli peralatannya yang harganya juga tergolong mahal.

READ:  8 Tips Membantu Anak Konsentrasi Saat Belajar

Kesimpulan yang didapatkan Glenn Schellenber setelah melakukan penelitian terhadap 167 anak yang mengikuti kursus musik (khususnya piano dan instrument lain) mengatakan bahwa tidak ada kaitannya sama sekali antara prestasi akademik dengan ketekunan mereka bermain musik.

Ini sangat bertentangan dengan pendapat Daniel Levitin dari Universitas McGill, Kanada yang mengatakan bahwa orang yang terlibat dengan seni akan mendapatkan manfaat dari seni tersebut. Misalnya dengan bermain musik, mereka merasa lebih bahagia sehingga lebih muda menerima pembelajaran.

Jadi, bagaimana pendapat Anda?

(photo: guardian.co.uk )