Inilah Yang Harus Anda Lakukan Saat Akan Berlibur Sendirian

Loading...

jalan-jalan sendiriApa saja yang harus Anda lakukan saat akan berlibur sendiri?

Berlibur sendirian kadang jadi hal yang seru, menyenangkan dan bisa menyegarkan kembali pikiran Anda yang sudah kusut karena tuntutan pekerjaan. Anda juga akan mendapatkan pengalaman yang mungkin tidak akan bisa Anda dapatkan jika berlibur dengan membawa rombongan.

Bagaimanapun berlibur sendiri tetap harus mempersiapkan beberapa hal. Kami berbagi tips apa saja yang harus Anda lakukan saat akan berlibur sendiri.

1. Tentukan Tujuan Dan Cari Tahu!

Memilih lokasi tujuan berlibur seorang diri tentu jadi hal yang menyenangkan dan membuat kita merasa lebih tertantang. Namun, bila lokasi ataupun tempat tujuan Anda akan berlibur bukanlah termasuk lokasi yang diketahui banyak orang (terkenal), berarti Anda harus lebih mencari tahu mengenai lokasi itu, misalnya mengenai penginapan, transportasi, perkiraan biaya dan makanannya.

2. Jangan Lupa Tinggalkan Pesan.

Ini penting bila Anda hanya pergi seorang diri, apalagi bila dalam waktu yang lama. Beritahukan pada orang terdekat Anda ke mana Anda akan pegi dan berapa lama agar mereka tidak perlu merasa khawatir. Lagipula ini hanya untuk berjaga–jaga bila sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, Anda bisa gampang ditemukan.

READ:  10 Bangunan Masjid Paling Megah di Dunia

3. Gandakan Berkas–Berkas Penting Anda.

Ini hanya untuk berjaga–jaga bila Anda kehilangan paspor atau kartu pengenal lainnya selama berlibur agar tidak terlalu kesulitan mengurusnya. Dan jangan lupa untuk menyimpan salinan berkas tersebut di satu atempat.

4. Siapkan Beterai Cadangan.

Baterei cadangan penting agar kamera,ponsel atau gadget yang Anda bawa tidak mati.

5. Cari Teman.

Salah satu keuntungan pergi berlibur sendirian adalah karena Anda akan seperti ‘dipaksa’ untuk mencari teman baru di tempat berlibur. Ini tentu menjadi keuntungan tersendiri karena selain bisa menjalin pertemanan, Anda bisa mencari tahu mengenai tempat tersebut langsung dari penduduk aslinya.

6. Bawa Peta!

Tips yang sudah agak kuno memang, tapi tak ada salahnya Anda membawa peta. Hanya untuk berjaga–jaga bila Anda tersesat tapi GPS di smartphone atau gadget Anda tidak bisa bekerja secara maksimal karena jaringan yang buruk.

7. Catat Nomor Telepon Penting.

Jangan lupa untuk mencatat semua nomor telepon penting di lokasi yang akan Anda datangi. Ini akan sangat membantu bila Anda merasa kesulitan mendapatkan informasi ataupun tersesat. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencatat nomor telepon keluarga Anda yang bisa dihubungi, untuk berjaga–jaga bila sesuatu yang buruk terjadi pada Anda, maka orang yang menolong akan tahu siapa yang harus mereka hubungi.

READ:  Tips Traveling dengan Kapal Pesiar

(photo: uk.askmen.com)