7 Kebetulan Yang Mencengangkan

Loading...

Kebetulan, fenomena ini selalu menjadi perdebatan sepanjang masa. Benarkah kebetulan itu memang ada? Kalau memandang dalam perspektif agama, tidak ada yang namanya kebetulan karena apa yang terjadi memang sudah ada yang mengatur.

Ada atau tidak, sejarah mencatat adanya kejadian-kejadian besar yang melibatkan sesuatu bernama “kebetulan” berikut 10 di antaranya:

1. Raja Louis XVI dan angka 21.

Louis XVI
Louis XVI (photo: abc.net.au )

Sejak kecil Louis XVI dari Perancis sudah diperingatkan oleh seorang astrolog untuk selalu berhati-hati  setiap tanggal 21. Saran ini begitu dipegang teguh oleh Louis, dia menolak melakukan hal-hal penting setiap tanggal 21.

Meski begitu, Louis XVI ternyata harus terlibat dalam beberapa kejadian besar yang berhubungan dengan tanggal 21. Tanggal 21 Juni 1791, Louis dan ratunya ditangkap di Varennes ketika sedang berusaha melarikan diri dari revolusi. Tanggal 21 September 1792 Perancis menghapuskan monarki dan negara itu diproklamirkan sebagai republik. Tanggal 21 Januari 1793 Louis XVI menjalani hukuman mati.

2. Adams dan Jefferson.

Adams dan Jefferson
Adams dan Jefferson (photo: findingdulcinea.com )

Thomas Jefferson adalah penulis Declaration of Independence (deklarasi kemerdekaan) Amerika Serikat, sedang John Adams adalah seorang yang paling berjasa menyebarluaskannya. Adams menjadi presiden kedua AS dan Jefferson ketiga. Keduanya wafat di tahun yang sama, 1826 dan pada hari yang sama, hari ulang tahun ke 50 kemerdekaan Amerika Serikat : 4 Juli.

READ:  Ungkap Kepribadian Seseorang dari Posisi Tidur

3. Raja Umberto I dan duplikatnya.

Umberto I - italy
Umberto I – italy (photo: craighill.net)

Pada tanggal 28 Juli 1900, Raja Umberto I dari Italia secara tidak sengaja bertemu dengan seorang pemilik rumah makan yang secara fisik sangat mirip dengan dirinya. Setelah berbincang-bincang, rupanya mereka benar-benar punya banyak kesamaan. Pada tahun 1866 saat Raja Umberto I menerima pangkat kolonel, sang pemilik restoran juga diterima sebagai prajurit di hari yang sama. Tahun 1870 ketika si pemilik restoran menerima kenaikan pangkat sebagai sersan, sang raja menjadi panglima di hari yang sama.

Sang raja begitu terkesan kepada duplikatnya itu dan berencana keesokan harinya akan memberi bintang jasa kepada sang pemilik restoran. Sayangnya, keesokan harinya sang pemilik restoran diberitakan meninggal karena ditembak. Baru saja sang raja berniat untuk menemuinya, berondongan tembakan juga membuatnya menjemput ajal tepat di hari duplikatnya juga meninggal.

4. Ronald Reagan dan angka 7.

Ronald Reagan
Ronald Reagan (Photo by Michael Evans/The White House/Getty Images)

Mantan presiden Amerika Serikat Ronald Reagan ternyata sangat akrab dengan angka 7. Dia pernah menjadi lifeguard di sebuah tempat peristirahatan di Dixon, Illinois. Semasa bertugas dia menyelamatkan 77 nyawa. Reagan merayakan ulang tahun ke 70 tepat 17 hari setelah pelantikannya yang pertama. Dia dicederai John Hinckley yang bermaksud membunuhnya ketika baru 70 hari menduduki jabatannya. Peluru yang ditembakkan Hinckley dipantulkan oleh tulang rusuknya yang ke-7.

READ:  5 Resolusi Ini Membuat Hidup Anda Lebih Baik  

Reagan mulai bermain film tahun 1937 dan menjadi ketua serikat kerja aktor film tahun 1947. Dia menjadi gubernur California tahun 1967 dan terpilih kembali tahun 1970. Pidatonya yang secara resmi menyatakan dia maju dalam pemilihan presiden AS dibuatnya tanggal 17 bulan 7 1980.

5. Pembunuh yang mirip.

Pembunuh
Pembunuh (photo: nineinchsandwich.com)

Seorang pembunuh bernama Claude Volbonne, membunuh Baron Rodemeire de Tarazone di Prancis tahun 1872. Dua puluh satu tahun sebelumnya, ayah Baron juga dibunuh oleh seseorang bernama Claude Volbonne. Kedua pembunuh itu tidak ada sangkut pautnya.

6. Persamaan Hitler dan Stalin.

hitler dan stalin
Hitler dan Stalin (photo: universitytimes.ie)

Hitler dan Stalin adalah dua tokoh antagonis yang paling ditakuti di dunia pada periode perang dunia kedua. Siapa sangka bahwa walaupun mereka tidak akur tapi ternyata punya banyak kesamaan. Foto Hitler dan Stalin bersama teman-teman sekolahnya ternyata mirip. Foto itu dibuat ketika mereka berusia 10 tahun, foto Stalin dibuat tahun 1889 dan foto Hitler dibuat tahun 1899. Mereka berdiri di tengah, baris belakang. Masing-masing menunjukkan sikap tinggi hati dan menantang.

Keduanya punya bapak yang galak dan ibu yang memanjakan. Keduanya bertubuh pendek, Hitler 167,6 cm dan Stalin 162,5 cm. Keduanya pembenci wanita, kekasih mereka menembak diri sendiri. Keduanya tidak terlalu berminat pada seks. Secara psikologis Hitler dan Stalin pengangum diri sendiri, tidak tahan dikritik sedikitpun. Mereka terobsesi oleh balas dendam, siang tidur dan malam bekerja.

READ:  Black Ivory, Kopi Yang Berasal Dari Kotoran Gajah

Hitler dan Stalin sama-sama jenius, menguasai seni politik revolusioner, mahir memanfaatkan waktu, licik dan secara naluriah tahu di mana letak kekuasaan. Keduanya memproklamirkan kekuasaan tertinggi atas negara masing-masing pada tahun yang sama, 1934.

7. Australia dan 19 Desember.

Australia
Australia (photo: velocitywheels.com)

Tanggal 19 Desember ternyata menyimpan banyak cerita untuk negara tetangga ini. 19 Desember 1991, Paul Keating mengambil alih jabatan Perdana Menteri dari Bob Hawke. 19 Desember 1931, Partai Buruh pimpinan James Scullin kalah telak sehingga harus menyerahkan pemerintahan kepada Partai Konservatif.

19 Desember 1949, Sir Robert Menzies disumpah menjadi perdana menteri. 19 Desember 1967, John “Black Jack” McEwen disumpah menjadi perdana menteri sementara. 19 Desember 1972, pemerintahan partai buruh dilantik untuk pertama kalinya sejak 1949.