Waspadai Air Yang Menyelinap Ke Dalam Tembok Rumah

Loading...

air merembes melalui dindingAir merembes melalui dinding

Membangun sebuah hunian tidak bisa asal bangun saja dan berteduh di dalamnya. Sebuah rumah adalah perencanaan yang matang jauh-jauh hari sebelumnya. Karena rumah bak istana pribadi dan rumah adalah cerminan dari pribadi kita.

Setelah rumah selesai dibangun biasanya orang akan melapisi dengan cairan khusus yang disebut cat dinding. Pelengkap yang sangat penting untuk melapisi rumah Anda. Dan Anda harus betul-betul teliti dalam memilih mana yang baik untuk rumah nantinya.

Berbicara tentang dinding rumah, Anda tidak bisa menyepelekan cuaca yang menerpanya setiap hari. Bila Anda tidak serius dalam mempersiapkan dinding rumah Anda, maka cuaca akan membuat dinding menjadi rusak.

Sebut saja soal air di musim hujan. Bayangkan bila musim hujan, tembok Anda diterpa air hujan terus-menerus. Lama-kelamaan akan mengakibatkan rembesan air ke dalam tembok. Akhirnya tembok kemudian menjadi lapuk, atau bahkan menimbulkan bercak yang sulit dihilangkan.

Perlu untuk Anda mengenali bagaimana sifat unik dari air sendiri. Air terbentuk dari milyaran partikel-partikel yang sangat kecil dan kasat mata. Dan air tentunya akan selalu mencoba mengisi ruang yang ada dengan cara meresap ke dalamnya. Salah satu hukum alam.

READ:  Ingin Sehat? Yuk, Berkebun!

Banyak orang mungkin berpikir, kalau tembok yang sudah dihaluskan akan tahan terhadap air, padahal persepsi itu salah. Sehalus apapun tembok itu, akan tetap ada celah-celah di antaranya untuk air bisa masuk. Kelemahannya di situ. Akibatnya apa, air dari luar akan meresap/merembes masuk ke dalam tembok Anda terus-menerus, mengakibatkan pelapukan dan noda.

Akibat matahari, tembok menjadi panas, dan ketika terkena hujan secara tiba-tiba, tembok akan mengalami keretakan dalam skala yang cukup kecil. Kejadian seperti ini kadang terjadi ketika peralihan musim. Perhatikan rumah Anda dan sekitar Anda.

Solusi akan selalu ada untuk kejadian seperti ini. Antisipasi dengan cara pengecatan exterior rumah adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan setelah membangun. Banyak cat rekomendasi para ahli bangunan bisa Anda dapatkan.

Namun bila sudah terlanjur merembes ke dalam rumah, pengecatan saja tidak cukup. Karena noda akan muncul kembali, meskipun sudah dicat berkali-kali. Hal yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pengerukan pada bagian yang merembes, setelah itu dilapisi semen tipis. Setelah kering, lapisilah kembali dengan cat supaya lebih bagus.

READ:  Pentingnya Keluarga Bahagia dan Harmonis Untuk Anak-Anak

(photo: 123rf.com)