6 Makanan Yang Menjaga Kulit Awet Muda

Loading...

Kulit selalu menjadi perhatian utama ketika berbicara soal kecantikan. Kulit menampakkan bagaimana cara Anda merawat diri melalui makanan yang Anda konsumsi maupun perawatan kulit untuk kesehatan dan kecantikan. Yang terbaik adalah melakukan perawatan kulit secara alami sehingga meminimalkan efek samping yang mungkin timbul.

Kami berbagi cara meningkatkan  pertahanan Anda melawan kanker kulit dan menjaga kulit agar terlihat lebih muda dengan 6 makanan berikut, dikutip dari ca.shine.yahoo.com.

1. Strawberry

Strawberri
Strawberry (photo: pingminghealth.com )

Secangkir strawberry memberikan sekitar 150 persen dari jumlah vitamin C harian yang disarankan dan makan lebih banyak makanan yang kaya vitamin C dapat membantu untuk menangkal keriput dan kekeringan yang berkaitan dengan usia, anjuran penelitian dari tahun 2007 di American Journal of Clinical Nutrition.

2. Tomat

Tomat
Tomat (photo: theshiksa.com )

Tomat memperoleh rona merah dari lycopene, suatu karotenoid yang dapat membantu menjaga kulit Anda tetap halus. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008 dalam European Journal of Pharmaceutics and Biopharmaceutics, peneliti menemukan bahwa dari 20 orang yang diteliti, mereka yang memiliki konsentrasi lycopene yang lebih tinggi memiliki kulit lebih halus. Memakan lycopene lebih banyak juga dapat melindungi kulit Anda dari sengatan matahari. Anda juga bisa mendapatkan lycopene dari jeruk, wortel, semangka, jambu biji, dan paprika merah.

READ:  Antioksidan Tiron, Anti-Penuaan Dengan Mencegah Stres Oksidatif

3. Tofu

tofu
tofu (photo: gosouthonline.co.za)

Tahu dan makanan kedelai lainnya, seperti edamame dan susu kedelai dapat membantu untuk mempertahankan kulit – mengencangkan kolagen karena kaya akan isoflavon. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition, tikus yang makan isoflavon dan terpapar radiasi ultraviolet memiliki keriput lebih sedikit dan kulit yang lebih halus daripada tikus yang terkena sinar UV tetapi tidak mendapatkan isoflavon. Para peneliti percaya bahwa isoflavon membantu mencegah kerusakan kolagen.

4. Tuna

tuna
tuna (photo: healthcastle.com)

Tuna dan ikan kaya omega-3 lainnya seperti salmon dan sarden, dapat membantu menjaga kulit Anda tampak muda dan mencegah kanker kulit. EPA (eicosapentaenoic acid), salah satu lemak omega-3 dalam ikan berlemak, telah terbukti menjaga kolagen, protein berserat yang menjaga kulit padat. Dan EPA dalam kombinasi dengan omega-3 dalam ikan lainnya, DHA (docosahexaenoic acid), membantu mencegah kanker kulit dengan mengurangi senyawa inflamasi yang dapat meningkatkan pertumbuhan tumor, kata Homer S. Black, Ph.D., profesor emeritus di departemen dermatologi di Baylor College of Medicine di Houston. Makanlah dua porsi ikan berlemak setiap minggu: omega-3 bukan saja baik untuk kulit, tapi juga jantung Anda.

READ:  6 Cara Alami Melembabkan Kulit Yang Sangat Kering

5. Kopi

Secangkir kopi
Secangkir kopi (photo: koraorganics.com)

Minum satu cangkir kopi sehari dapat menurunkan resiko terkena kanker kulit. Dalam salah satu penelitian terhadap lebih dari 93.000 perempuan, yang diterbitkan dalam European Journal of Cancer Prevention, mereka yang minum satu cangkir kopi berkafein sehari mengurangi resiko berkembangnya kanker non-melanoma pada kulit sekitar 10 persen.

6. Kakao

Secangkir cokelat hangat
Secangkir cokelat hangat (photo: seromaniacy.pl )

Yang satu ini mungkin yang paling mengejutkan dari semua, karena beberapa orang mengatakan cokelat memberi Anda jerawat. Ternyata penelitian telah menunjukkan tidak ada hubungan antara cokelat dan masalah kulit, dan bahwa beberapa jenis cokelat, pada kenyataannya, bahkan mungkin baik untuk kulit Anda. Kakao mengandung jenis flavonoid yang disebut epicatechin (begitu juga pada teh dan anggur merah). Dalam sebuah penelitian terhadap 24 wanita, yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, minum minuman kakao yang kaya epicatechin setiap hari selama 12 minggu tekstur kulit meningkat. Para penulis menjelaskan bahwa epicatechin meningkatkan aliran darah ke kulit, meningkatkan pasokan nutrisi baik dan oksigen yang merupakan faktor penting untuk menjaga kulit tetap sehat.