3 Makanan Yang Pantang Dimakan Saat Sarapan

Loading...

SarapanSarapan 

Sarapan adalah makanan yang penting karena membantu memberikan nutrisi seperti karbohidrat dan protein yang memberikan energi agar bisa melakukan kegiatan sepanjang pagi. Namun, beberapa jenis makanan yang biasanya dijadikan sarapan ternyata dapat membahayakan kesehatan.

Berikut daftar bahan makanan yang sebaiknya Anda hindari saat sarapan seperti yang dikutip dari livestrong:

Daging

Meskipun daging merupakan sumber protein yang berlimpah, daging juga tinggi akan kandungan lemak jenuh. Lemak ini dapat menyebabkan penyumbatan lemak di arteri dan pembuluh darah yang kemudian membatasi aliran darah dan menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu mengkonsumsi daging secara berlebihan juga dapat menyebabkan risiko trichinosis, suatu penyakit yang dapat menyebabkan demam, nyeri otot dan kram perut.

Telur Utuh

Telur biasanya dimakan saat sarapan dengan cara direbus, digoreng mata sapi maupun diorak arik. Seperti daging, telur mengandung protein yang sangat tinggi untuk energi dan perbaikan sel.

Namun telur juga mengandung lemak jenuh dan kelosterol dalam jumlah yang cukup tinggi. Terlalu sering mengkonsumsi telur pada saat sarapan dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

READ:  6 Cara Mudah Atasi Rasa Panik

Tepung Refined

Tepung olahan terbuat dari biji-bijian, biasanya terbuat dari gandum, yang telah dibersihkan dari kulit luarnya dan kuman- ini adalah bagian dari biji-bijian gandum yang mengandung serat makanan. Tepung refined, bagaimanapun, adalah karbohidrat sederhana yang tidak mengandung serat.

Karbohidrat olahan dapat meningkatkan glukosa darah secara dramatis, yang dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyebab gejala seperti kelelahan dan hilangnya ketajaman mental. Item sarapan umum seperti bagel, burrito, donat dan kue-kue biasanya dibuat dengan tepung jenis ini .

Makanan Sehat Alternatif

Pilihlah produk daging tanpa lemak, seperti daging dan sosis kalkun, daging ayam dan ikan bukan produk daging lainnya yang bukan tanpa lemak dalam hidangan sarapan. Daging jenis ini menawarkan kekayaan protein, dan rendah lemak jenuh dibandingkan daging yang bukan tanpa lemak.

Gunakan putih telur di omelet. Putih telur yang kaya akan protein, dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

Ganti roti gandum tortilla, bagel dan roti untuk versi tepung refined. Produk gandum adalah karbohidrat kompleks yang dapat membantu menghindari kelelahan mental dan gangguan yang disebabkan oleh mengkonsumsi produk tepung refined.

READ:  Tips dan Cara Mudah Membuat Breakfast Wraps

Mereka juga menawarkan serat makanan, serta vitamin B-, yang diperlukan untuk kesehatan sistem saraf dan fungsi otak.

(foto: mistile.com)