Inilah 3 Efek Buruk Sering Minum Air Dingin

Loading...

air dinginAir dingin

Minum adalah aktivitas yang dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang berkurang. Seringkali bila kita sudah sangat kehausan akibat berolahraga kita langsung menenggak air dingin. Setelah makan sangat nikmat rasanya bila langsung minum air dingin dibanding air hangat, rasa haus bisa hilang seketika. Namun di balik kenikmatan tersebut, ternyata mengandung bahaya terhadap tubuh kita.

Nah, apa saja efek buruk sering minum air dingin?

1. Memperlambat proses pencernaan

Kebiasaan minum air dingin setelah makan dapat membuat usus menyempit. Suhu air minum yang dingin dapat membekukan makanan berminyak yang telah kita konsumsi, sehingga memperlambat proses pencernaan.

2. Menyebabkan kegemukan

Bila makanan yang kita konsumsi membentuk lemak dikarenakan air dingin yang diminum maka akan terjadi penumpukan lemak di bagian saluran usus yang akan menyebabkan penyempitan saluran usus. Akibatnya tubuh akan menjadi gemuk dan perut membuncit. Biasanya orang–orang di Jepang dan China minum air hangat setelah makan.

3. Membuat kepala jadi pusing

Mengkonsumsi air dingin setelah berolahraga tanpa jeda bisa membuat kepala terasa pusing. Hal ini diakibatkan oleh sistem saraf pusat tidak siap menerima respon perubahan panas ke dingin tubuh dalam waktu yang singkat.

READ:  Mutasi Genetik Terkait Migrain Membuka Jalan Untuk Pengobatan Baru

Nah, setelah membaca artikel ini masihkah Anda suka minum air dingin?

(photo : intisari-online.com)