Manfaat Memelihara Janggut Terhadap Kesehatan

Loading...

orang berjanggutPertimbangkan kembali jika ingin mencukur janggut

Janggut adalah rambut yang tumbuh di bagian dagu. Biasanya hanya pria saja yang dagunya ditumbuhi rambut, sedangkan wanita justru tidak memilikinya.

Banyak wanita yang tidak senang bila pasangannya memiliki janggut di wajahnya. Sehingga mereka rata–rata menyuruh pasangannya untuk merapikan janggutnya.

Bila Anda juga ingin menyuruh pasangan Anda mencukur janggutnya sebaiknya ditunda dahulu sebelum mengetahui manfaat adanya janggut di dagu pria.

Apa saja manfaat berjanggut?

1. Terlindung dari sinar matahari

Wajah yang ditumbuhi oleh janggut akan terlindung dari efek paparan sinar matahari sehingga bisa melindungi dari penyakit kanker.

Hal ini diungkapkan melalui penelitian di University of Southern Queensland dan dipublikasikan di jurnal Radiation Protection Dosimetry.

Rambut mampu memberikan perlindungan terhadap paparan sinar UV dari matahari, oleh karena itu wanita akan terhindar dari kanker bila rambutnya menutupi leher dan wajah mereka.

2. Mencegah sakit asma

Bagi pria yang sering mengalami penyakit asma, cobalah untuk memanjangkan janggutt Anda. Sebab ternyata debu penyebab asma biasanya ditemukan di bagian rambut.

READ:  Makanan Yang Dapat Mengatasi Penyakit Asma

Jadi orang yang memiliki janggut memiliki kemungkinan lebih besar untuk dapat menghalau debu penyebab penyakit asma.

3. Memperlambat penuaan

Ingin awet muda? Pelihara saja janggut. Rambut di wajah seringkali membantu kulit untuk tetap muda dan dalam kondisi yang bagus. Hal ini dikarenakan rambut atau janggut di wajah dapat menghentikan aliran air meninggalkan wajah sehingga menyebabkan kulit menjadi lembab.

4. Melawan batuk

Janggut yang tumbuh lebat di dagu hingga menutupi leher dapat membantu meningkatkan temperatur di leher sehingga membantu melawan pilek.

5. Mencegah kulit infeksi

Mencukur janggut biasanya menyebabkan infeksi di sekitar janggut, ungkap Dr. Martin Wade, konsultan dermatologis di London Skin and Hair Clinic. Jadi dengan memelihar janggut, Anda akan terhindarkan dari infeksi kulit karena bercukur.

Ternyata begitu banyak manfaat memelihara janggut. Jadi pertimbangkan kembali jika ingin memotong janggut Anda.

(Photo: bachelora.com)