Mengapa Madu Tidak Pernah Kadaluarsa?

Loading...

madu Sarang lebah berisi madu

Madu merupakan jenis makanan yang bersumber dari lebah. Selain untuk dimakan, ternyata madu juga bisa dijadikan obat untuk berbagai macam penyakit. Untuk masalah makanan, mungkin Anda sering menemukan beberapa jenis makanan yang memiliki masa kadaluarsa atau biasa disebut expired  cukup singkat. Agar makanan tersebut bisa bertahan lama, maka ditambahkan zat pengawet. Namun, ternyata madu tidaklah demikian.

Madu adalah satu-satunya makanan yang tidak pernah kita lihat mengalami kadaluarsa. Berbeda dengan makanan sehari-hari yang mengalami kadaluarsa dan akan mengalami perubahan warna dan bau. Honey.com mengatakan bahwa madu yang disimpan dalam tempat yang tertutup akan tetap stabil dan terjaga kualitasnya hingga 10 tahun, bahkan 100 tahun lamanya.

Apa rahasia dibalik kandungan madu?

Madu memiliki kandungan Ph yang tinggi.

Kandungan Ph dalam madu antara 3,5 sampai 4,2 sehingga menyebabkan mikroorganisme sulit untuk bereproduksi dan berkembang biak pada keadaan tersebut.

Madu mengandung sedikit air.

Madu juga dikenal sebagai makanan yang sangat sedikit kandungan airnya, yakni hanya sekitar 17 % sehingga bakteri akan kesulitan hidup dan berkembang biak di dalam cairan madu.

READ:  Kiat Membedakan Antara Madu Palsu dan Madu Asli

Untuk menguji ketahanan madu  dapat dilakukan dengan mengisi madu asli dalam sebuah botol tertutup rapat dan diletakkan di beberapa tempat tertentu. Amati setiap hari apakah mengalami perubahan warna atau rasa?

(Photo : hutantropis.com)