5 Langkah Bijaksana Menyikapi Kecanduan Internet

Loading...

kecanduan internetBagaimana menyikapi kecanduan internet?

Kecanduan internet tanpa disadari ternyata sudah banyak menjangkiti manusia di jaman sekarang ini. Anak-anak muda menjadi golongan paling beresiko untuk kecanduan internet.

Seperti jenis kecanduan yang lainnya, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah bagaimana mengubah kecanduan itu menjadi sesuatu yang berguna daripada berhenti menggunakannya sama sekali.

Berikut ini ada beberapa tips bagi Anda yang merasa hidupnya sudah tidak bisa dipisahkan dari internet.

Ketahui Gejala Kecanduan Internet

Terlalu banyak internet hanyalah salah satu bagian dari kecanduan komputer. Ilmu pengetahuan adalah sebuah kekuatan dan Anda hendaknya bijaksana untuk mengetahui gejala kecanduan internet untuk mengevaluasi kebiasaan Anda dalam menikmati internet serta waspada pada gejala yang mungkin akan membawa Anda pada situasi yang lebih buruk.

Batasi Pemakaian Internet

Kecanduan internet bisa dimulai dari kebiasaan rekan sesama. Ketika Anda melihat rekan Anda melakukan hal yang persis sama dengan Anda maka Anda mungkin merasa kalalu itu normal.

Batasnya menjadi sangat kabur karena Anda melihat teman-teman sekitar Anda juga melakukan hal yang sama. Hal terpenting adalah lebih awas mengenal kebiasaan berinternet Anda sendiri tanpa terpengaruh pada lingkungan sekitar.

READ:  Cara Menanam Hidroponik di Rumah

Gunakan Beragam Informasi di Internet Sebagai Bahan Pelajaran

Dengan banyaknya e-book, jurnal dalam bentuk digital dan ragam hasil penelitian yang dipublikasikan secara online maka seharusnya Anda menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer untuk menjadikan itu semua sebagai bahan pelajaran.

Tapi jangan lupa, buku dan segala macam hasil penelitian dalam bentuk konservatif atau dalam bentuk lembaran sesungguhnya masih sangat berguna di jaman sekarang.

Cobalah untuk meluangkan lebih banyak waktu menikmati buku dengan santai, informasi yang ada di dalamnya akan terasa lebih gampang terserap dibanding informasi dari layar komputer.

Gunakan Media Sosial Hanya Sebagai Tambahan

Punya 1000 teman di Facebook mungkin bagus buat ego Anda, tapi itu bisa menghancurkan kehidupan sosial Anda jika teman itu tidak benar-benar ada di kehidupan nyata.

Facebook dan media sosial lainnya bisa jadi media yang pas untuk memperluas pergaulan dan wawasan, tapi pergunakan secara bijak untuk membentuk hubungan yang nyata dengan orang-orang di sekitar Anda.

Bijaksanalah Menyikapi Stress di Kehidupan Nyata

Stres bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak muda yang baru saja memasuki dunia perkuliahan yang kadang membuatnya merasa gamang di kehidupan yang baru dengan mental yang belum terlalu kuat.

READ:  Ini Dia Aplikasi Android Untuk Membuat Video Harlem Shake!

Waspadalah, keadaan seperti ini membuat Anda mencoba mencari pelarian pada internet di mana Anda akan berinteraksi dengan orang yang tidak nyata. Pada ujungnya, ini bisa membuat Anda menjadi kecanduan.

Berselancar di internet mungkin cara yang pas untuk meredakan stres, mempelajari kemampuan dan wawasan baru dan membangun kepercayaan. Tapi ingatlah untuk tetap bijaksana dan hanya menyerap hal-hal yang positif saja.

(photo: addiction-treatment.com)