7 Tanda Anda Kecanduan Media Sosial

Loading...

kecanduan sosial mediaKecanduan sosial media

Media sosial tumbuh sangat pesan dalam kurun waktu 5 tahun belakangan ini. Setelah Facebook meledak dan punya pengguna ratusan juta orang, berikutnya ada Twitter yang juga tidak kalah fenomenalnya. Cuma itu? Ternyata tidak, karena ada beragam media sosial lainnya yang juga tidak kalah fenomenalnya dalam hal menarik perhatian para pengguna internet.

Kecanduan menggunakan media sosial jadi hal yang baru dan tidak pandang bulu. Jumlah orang yang kecanduan sosial media juga makin bertambah. Apa saja tanda-tanda kecanduan media sosial?

Berikut ini adalah pendapat dari Leslie Walker, mantan jurnalis dan sekarang aktif meneliti tentang perkembangan internet dan media sosial.

1. Menghabiskan Terlalu Banyak Waktu Di Media Sosial.

Jika selama dua jam berturut-turut Anda hanya menghabiskan waktu di depan layar komputer atau handphone dan sibuk mengamati pergerakan di timeline Twitter atau Facebook maka mungkin Anda sudah kecanduan media sosial.

2. Merasa Wajib Mengganti Foto Profil Sesering Mungkin.

Seharusnya Anda sedang menyelesaikan tugas kantor atau tugas kulian/sekolah, tapi nyatanya Anda malah sibuk mencari foto yang pantas untuk menggantikan foto profil Anda di Facebook atau Twitter atau sosial media lainnya. Dan Anda sudah melakukannya untuk ketigakalinya dalam satu minggu!

READ:  5 Kelebihan Samsung Galaxy S4

3. Merasa Cemas Ketika Belum Meng-update Status.

Anda merasa gugup, cemas atau bahkan merasa bersalah ketika Anda belum mengganti status Facebook atau meng-update sesuatu di Twitter dalam sehari.

4. Meng-update Status Dari Kamar Mandi.

Anda membawa handphone (atau bahkan laptop!) ke kamar mandi hanya agar bisa terus melihat update status orang lain sekaligus meng-update status sendiri di media sosial.

5. Membuat Akun Khusus Untuk Hewan Peliharaan Anda.

Anda punya hewan peliharaan yang sangat disayang, hebatnya Anda juga membuat akun Facebook untuk hewan kesayangan Anda itu. Lebih hebat lagi karena Anda juga membantu mereka untuk mencari teman dan meng-update status setiap hari!

6. Media Sosial Membuat Anda Terlambat.

Anda harusnya ada di ruang meeting setengah jam yang lalu, tapi alih-alih berada di sana Anda malah sibuk mengomentari status orang lain di Facebook atau berdebat di Twitter!

7. Obsesi Punya Teman Atau Follower Yang Banyak.

Anda sudah punya ribuan teman di Facebook atau ribuan follower di Twitter, tapi Anda belum puas! Setiap hari Anda terus mencari cara agar jumlah tersebut terus bertambah. Sayangnya, tidak sampai setengah dari teman di Facebook itu benar-benar “teman” Anda di dunia nyata.

READ:  5 Tips Menggunakan Jejaring Sosial Twitter

Jika dua atau lebih dari tanda di atas Anda miliki maka waspadalah! Mungkin Anda sudah kecanduan media sosial yang bisa membuat Anda teralihkan dari kehidupan nyata dan menggantikannya dengan kehidupan virtual.

(photo: contentforclicks.com.au)