Radiasi Ponsel

Loading...

Radiasi PonselRadiasi Ponsel 

Apakah yang dimaksud dengan radiasi?

Radiasi adalah energi bergerak melalui ruang dalam bentuk gelombang atau partikel. Hal ini terjadi secara alami dan selalu ada di sekitar kita, – dari bumi, dari ruang angkasa dan bahkan dalam tubuh kita sendiri.

Beberapa ahli menyarankan radiasi kecil adalah hal yang baik dan kita semua tahu kegunaannya dalam ilmu kedokteran untuk memerangi dan mendiagnosis beberapa penyakit.

Ada berbagai jenis radiasi tapi tenang saja, kita gak akan bahas soal fisika atom, neutron dan proton – cuman berbagi tentang mengapa ada radiasi di ponsel dan apakah perlu khawatir tentang radiasi ponsel.

Radiasi dan Ponsel

Jenis radiasi yang dipancarkan dari ponsel adalah radiasi elektromagnetik. Ini hadir dalam ponsel karena mereka menggunakan gelombang frekuensi radio (RF) untuk membuat dan menerima panggilan.

Dosis dianggap sangat kecil dengan emisi yang rendah daya (jarak dekat). Namun demikian, ada beberapa cara di mana Anda dapat mengurangi paparan gelombang.

Risiko kesehatan

Meskipun penelitian yang luas pada subjek, belum ada bukti bahwa menggunakan ponsel menyebabkan efek berbahaya jangka panjang pada manusia.

READ:  Mengenal Bacterial Vaginosis, Infeksi Pada Vagina

Laju teknologi ponsel bergerak maju pada kecepatan yang jauh lebih cepat daripada penelitian yang diperlukan ke dalam potensi bahaya yang disebabkanhya.

Lebih banyak penelitian yang diperlukan (dan sedang dilakukan) sebelum dapat mengetahui dengan pasti efek yang mereka miliki terhadap kesehatan manusia. Namun demikian, ponsel yang memancarkan radiasi dosis rendah sehingga akal sehat tindakan pencegahan harus diambil ketika menggunakan mereka.

Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan gelombang RF yang dipancarkan dari ponsel dapat menyebabkan:

Sedikit meningkatkan tekanan darah pada saat penggunaan, tekanan kembali ke normal ketika penggunaan dihentikan (untuk menempatkan ini dalam perspektif, perubahan tekanan darah kita secara teratur sepanjang hari dan bahkan dipengaruhi oleh tugas-tugas seperti berbicara)

Otak langsung pemanasan setelah penggunaan jangka panjang, yang menyebar segera setelah Anda berhenti menggunakan telepon Anda dan tidak menyebabkan kelelahan setelah penggunaan jangka panjang.

Sebuah penelitian terbaru di Swedia menunjukkan bahwa neuromas akustik (tumor jinak pada saraf akustik) dua kali lebih umum pada pengguna ponsel dari pada mereka yang tidak menggunakan ponsel.

READ:  7 Langkah Ubah Kebiasaan Buruk Menjadi Kebiasaan Baik

Tidak ada bukti bahwa menggunakan ponsel dapat menjadi penyebab:

  • Tumor
  • Gangguan memori
  • Kanker
  • Kerusakan otak
  • Janin kerusakan

 

Resiko kesehatan dianggap sangat, sangat kecil, meskipun beberapa orang mungkin lebih rentan terhadap radiasi daripada yang lain. Sementara itu benar bahwa paparan berlebihan terhadap gelombang RF menyebabkan pemanasan.

Mengurangi Paparan Radiasi

Sementara tidak ada bukti bahwa ponsel menghasilkan tingkat radiasi yang cukup untuk menyebabkan efek sakit yang terus menerus, tidak ada salahnya dalam mengambil tindakan pencegahan  sederhana untuk mengurangi tingkat radiasi dari penggunaan ponsel.

Letakkan ponsel 20cm dari kepala Anda mengurangi dosis radiasi sekitar 98%. Jadi, jangan  menempatkannya di bawah bantal ketika akan tidur,  atau meninggalkan telepon di meja samping tempat tidur.

Headset secara dramatis dapat mengurangi emisi radiasi ke otak, cobalah untuk tidak chatting selama berjam-jam atau, jika harus, gunakan handset. Ada beberapa perangkat dijual yang dapat digunakan untuk mengurangi emisi radiasi atau  memungkinkan tubuh untuk menetralisir efek.

Tindakan pencegahan harus dilakukan di mana anak-anak mempunyai otak yang masih sangat berkembang dan tubuh jauh lebih rentan terhadap efek radiasi dibandingkan dengan orang dewasa, menyerap radiasi pada tiga kali tingkat orang dewasa.

READ:  Bulimia Nervosa Dan Langkah Awal Pemulihannya

(foto: techpin.com)