Vaksinasi Meningitis

Loading...

Vaksinasi MeningitisVaksinasi Meningitis

Meningitis biasanya disebabkan oleh infeksi yang menyerang selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Jenis yang paling serius dari meningitis dapat menyebabkan kerusakan otak atau bahkan kematian.

Ada sejumlah vaksin yang tersedia yang akan melindungi terhadap beberapa jenis meningitis. Namun tidak ada vaksin yang akan melindungi terhadap SEMUA jenis meningitis. Akibatnya Anda perlu mengetahui gejala meningitis dan septicaemia.

Vaksin Meningokokus

Ada vaksin yang tersedia terhadap berbagai jenis penyakit meningokokus. Penyakit meningokokus termasuk meningitis dan septicaemia. Kadang-kadang bakteri meningokokus menyebabkan infeksi di bagian lain dari tubuh.

Ada vaksin meningokokus polisakarida dan konjugat yang tersedia. Ada vaksin terhadap bakteri meningokokus grup C tetapi tidak terhadap bakteri meningokokus grup B.

Vaksin Meningokokus Tetravalen Polisakarida

Vaksin meningokokus tetravalen polisakarida meliputi empat dari tujuh strain umum dari bakteri meningokokus dan tersedia untuk digunakan dalam epidemi. Vaksin meningokokus meliputi (A, C, W135 dan Y). Vaksin hanya memberikan perlindungan untuk waktu yang terbatas dan tidak cocok untuk digunakan rutin kecuali resiko penyakit sangat tinggi.

READ:  5 Jenis Makanan Yang Dapat Memperbaiki Mood

Vaksin Meningokokus Grup C Konjugat

Vaksin meningokokus Grup C konjugat adalah vaksin yang ‘tahan lama’ terhadap penyakit meningokokus Grup C. Vaksin hanya efektif terhadap bakteri meningokokus grup C.

Vaksin Pneumokokus

Ada dua jenis vaksin untuk melawan strain paling umum dari bakteri pneumokokus. Bakteri pneumokokus menyebabkan berbagai penyakit invasif, seperti meningitis, pneumonia, septicemia (keracunan darah) hingga penyakit non-invasif, seperti ottis media (infeksi telinga tengah).

Vaksin Konjugasi Pneumokokus

Vaksin konjugasi pneumokokus mencakup tujuh strain dari bakteri pneumokokus. Ketujuh strain bertanggung jawab untuk penyakit yang paling invasif pada anak di bawah usia dua tahun.

Sejumlah dosis vaksin biasanya diperlukan. Jumlah dosis tergantung pada usia anak ketika vaksinasi dimulai.

Vaksin Polisakarida Pneumokokus

vaksinpolisakarida pneumokokus (Pneumovax) yang tersedia meliputi 23 strain, yang menyebabkan penyakit pneumokokus pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa.

Vaksin ini memberikan perlindungan untuk waktu yang terbatas dan tidak memberikan perlindungan yang efektif pada anak-anak yang sangat muda.

(photo: irishexaminer.com)