Kelebihan Vitamin C Jadi Pemicu Batu Ginjal

Loading...

sumber Vitamin CBuah-buahan sumber Vitamin C

Jika Anda termasuk orang yang rutin mengkonsumsi suplemen Vitamin C, ternyata Anda termasuk orang yang beresiko lebih besar terkena batu ginjal.

Serangkaian penelitian yang dilakukan peneliti asal Swedia mengatakan bahwa resiko orang yang pernah terkena batu ginjal lalu mengkonsumsi tambahan Vitamin C melalui suplemen maka resiko penyakitnya kambuh akan jadi lebih meningkat. Walaupun begitu, Anda sama sekali tidak dilarang untuk mengkonsumsi Vitamin C.

Penelitian itu dilakukan dengan mewawancarai pria lanjut usia dengan mencari tahu pola makan mereka selama 11 tahun belakangan. Hasilnya rata–rata dari mereka (sekitar 907 pria) mengatakan bahwa mereka rutin mengkonsumsi suplemen Vitamin C, sementara yang tidak sekitar 22.000 orang.

Lalu penelitian itu dikerucutkan dengan hanya meneliti pria yang rutin mengkonsumsi suplemen Vitamin C, ternyata sebanyak 3,4 persen dari 907 pria menderita batu ginjal.

Memang sudah sejak lama Vitamin C yang dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit batu ginjal. Sebagian Vitamin C yang kita konsumsi akan keluar melalui air seni atau urin dalam bentuk oksalat, yaitu salah satu komponen pembentuk batu ginjal, ujar salah seorang tim peneliti, Laura Thomas.

READ:  Mengenal Overdosis Vitamin

Batu ginjal itu sendiri terbentuk dari kristal–kristal kecil kalsium dan oksalat, batu ginjal memang bisa keluar secara alami melalui urin namun akan menimbulkan rasa sakit sedangkan batu ginjal yang besar, cara pengeluarannya harus melalui operasi .

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat penting. Namun alangkah baiknya jika sumber vitamin diperoleh dari konsumsi makanan sehari–hari sehingga aman dan akan meminimalkan efek samping yang mungkin timbul.

Sebagai tambahan, konsumsi vitamin C yang wajar bagi orang dewasa yaitu sebanyak 90mg/hari untuk pria dan 75mg/hari untuk wanita. Untuk perokok maka dosis tersebut harus dinaikkan menjadi 125mg/hari untuk pria dan 110mg/hari untuk wanita, alasannya adalah untuk melindungi tubuh dari efek negatif asap rokok.

(photo: veganrus.com )