Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh, Dari Daging Hingga Kulit Buah

Loading...

khasiat buah manggisBuah manggis memiliki banyak manfaat, mulai dari buah hingga kulitnya

Manggis adalah jenis buah dengan tekstur luar ungu kehitam-hitaman ketika sudah matang. Di bagian dalam, daging buahnya berwarna putih. Rasanya pun manis dan selalu membuat ketagihan. Nama lain dari manggis adalah Garcinia mangostana, yang diyakini asalnya dari kepulauan nusantara.

Buah ini juga lekat dengan istilah ratu buah. Karena dari semua bagian, hampir tidak ada yang terbuang sia-sia. Bijinya memiliki manfaat, dagingnya apalagi, dan kulitnya pun sangat berguna untuk kesehatan. Salah satu yang menjadi ciri khas dari buah manggis yaitu hanya memiliki isi 4-8 daging.

Mendengar dan mengkonsumsi buah manggis saja itu tidak cukup. Ada banyak hal menarik yang layak untuk Anda ketahui tentang manggis ini. Mari kita ulas bersama-sama.

1. Kandungan Gizi Buah Manggis

Daging dan biji dari buah ini mengandung vitamin B dan vitamin C. Bukan hanya vitamin yang ada, Anda juga bisa menemukan karbohidrat, lemak, protein, mineral, kalori air, dan beberapa kompenen lainnya yang tentu sangat bermanfaat bagi tubuh.

READ:  5 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

2. Manfaat Kulit Buah Manggis

Manggis pada bagian luar yaitu kulitnya ternyata bermanfaat juga. Dari penelitian Jung HA dan rekan-rekannya yang dimuat di Journal Agricultural Food Chemistry menemukan bahwa kulit luar manggis mengandung antioksidan Xanthon. Zat Xanthon inilah yang membuat cairan berwarna kemerah-merahan pada kulit manggis pada saat diperas.

Xanthon adalah salah satu antioksidan paling ampuh di dunia. Para ilmuwan telah mengidentifikasi 200 jenis Xanthon dan yang mengejutkan, 40 di antaranya terkandung dalam kulit buah manggis. Antioksidan Xanthon ini jauh lebih berkhasiat dibandingkan vitamin C dan E.  Dari skor ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) mencapai 17.000 unit per gramnya. Itulah mengapa ekstrak Xanthon dari kulit buah manggis harganya menjadi sangat mahal, dikarenakan khasiat dan daya antioksidan Xanthon yang luar biasa.

Lain halnya ntuk mengobati disentri, kulit dua buah manggis bisa dicuci, dipotong-potong, dan direbus dengan empat gelas air sampai volumenya tinggal setengahnya. Rebusan kulit manggis yang sudah dingin dan disaring bisa ditambah madu. Minum dua kali sehari dan lihat hasil pengobatannya terhadap penyakit disentri yang diderita.

READ:  Kontroversi Tembaga dan Alzheimer

3. Khasiat Lain Buah Manggis

Banyak manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari buah manggis. Temuan terbaru menungkapkan bahwa buah manggis memiliki sifat yang dapat menyembuhkan sejumlah penyakit, selain kanker.

Manggis juga mengandung polisakarida, senyawa dalam tumbuh-tumbuhan yang berperan sebagai anti-kanker dan anti-bakteri. Senyawa ini membantu memblok mutasi sel-sel kanker sehingga menghambat penyebarannya. Dan manfaat buah manggis lainnya yang bisa Anda dapatkan yaitu:

  • Dengan buah manggis Anda bisa menurunkan kolesterol jahat penyebab stroke, tekanan darah tinggi, maupun penyakit jantung.
  • Vitamin C yang ada di buah manggis utamanya sangat membantu sistem kekebalan di tubuh Anda. Jika daya tahan tubuh naik, Anda pun akan tidak mudah sakit.
  • Buah manggis banyak mengandung zat besi yang akan membantu proses pembentukan hemoglobin darah. Keuntungannya adalah Anda tidak akan terserang anemia atau kurang darah.
  • Buah manggis juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi penyakit seperti diabetes, diare, asma, dan TBC.
  • Sifat anti jamur dan anti bakteri yang dimiliki buah manggis sangat bagus untuk mencegah jerawat pada wajah.
READ:  Mengenal Food Combining

Jadi, tidak ada salahnya sesekali mampir di toko buah dan membeli beberapa buah manggis. Anda mendapatkan manisnya rasa buah manggis, khasiatnya pun juga Anda dapatkan secara langsung. Oh iya, jangan lupa untuk mengolah kulitnya juga, akan lebih bermanfaat pastinya.

(photo: obatdarikulitmanggis.com)