Tips Untuk Menjaga Tulang Tetap Sehat

Loading...

tulang sehat dan osteoporosisPerbedaan tulang sehat dan osteoporosis

Tulang memainkan banyak peran dalam tubuh – menyediakan struktur, melindungi organ-organ, mendukung otot dan menyimpan kalsium. Karena itu sangat penting mengambil langkah-langkah untuk membangun tulang yang kuat dan sehat.

Simak artikel berikut, dikutip dari mayoclinic.com.

Apa yang mempengaruhi kesehatan tulang?

Sejumlah faktor dapat mempengaruhi kesehatan tulang. Sebagai contoh:

– Jumlah kalsium dalam diet Anda. Diet rendah kalsium memberikan kontribusi pada berkurangnya kepadatan tulang, tulang keropos dini dan peningkatan resiko patah tulang.

– Aktivitas fisik. Orang-orang yang secara fisik tidak aktif memiliki resiko lebih tinggi mengalami osteoporosis.

– Tembakau dan penggunaan alkohol. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tembakau memberikan kontribusi untuk tulang yang lemah. Demikian pula, mengkonsumsi lebih dari dua minuman beralkohol sehari secara teratur meningkatkan resiko osteoporosis, mungkin karena alkohol dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

– Jenis kelamin, ukuran dan usia. Anda memiliki resiko lebih besar menderita osteoporosis jika Anda seorang wanita, karena wanita memiliki lebih sedikit jaringan tulang dibanding pria. Anda juga beresiko jika Anda sangat kurus (dengan indeks massa tubuh 19 atau kurang). Juga tulang Anda menjadi lebih tipis dan lebih lemah seiring pertambahan usia.

READ:  Mentega atau Margarin, Mana yang Lebih Sehat?

– Ras dan riwayat keluarga. Anda berada pada resiko terbesar dari osteoporosis jika Anda putih atau keturunan Asia. Selain itu, memiliki orang tua atau saudara yang memiliki osteoporosis menempatkan Anda pada resiko yang lebih besar.

– Tingkat hormon. Hormon tiroid terlalu banyak dapat menyebabkan tulang keropos. Tulang keropos pada wanita meningkat secara dramatis pada saat menopause karena kadar estrogen menurun. Pada pria, kadar testosteron yang rendah dapat menyebabkan hilangnya massa tulang.

– Gangguan makan dan kondisi lain. Orang yang menderita anoreksia atau bulimia memiliki resiko tulang keropos. Selain itu, operasi perut (gastrektomi), operasi penurunan berat badan dan kondisi seperti penyakit Crohn, penyakit Celiac dan penyakit Cushing dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

– Obat-obatan tertentu. Penggunaan jangka panjang obat kortikosteroid, seperti prednison, kortison, prednisolon dan deksametason, merusak tulang.

Apa yang dapat saya lakukan untuk menjaga tulang sehat?

Anda dapat mengambil beberapa langkah sederhana untuk mencegah atau memperlambat tulang keropos. Sebagai contoh:

READ:  6 Vitamin yang Dapat Menyehatkan Tulang

– Sertakan banyak kalsium dalam makanan Anda. Sumber kalsium yang baik meliputi produk susu, almond, brokoli, ikan sarden, dan produk kedelai, seperti tahu.
– Perhatikan vitamin D. Tubuh Anda membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium. Sumber vitamin D termasuk minyak ikan, seperti tuna dan sarden, kuning telur dan susu yang diperkaya. Sinar matahari juga berkontribusi terhadap produksi tubuh vitamin D.
– Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda.
– Hindari penyalahgunaan zat. Jangan merokok dan hindari minum lebih dari dua minuman beralkohol sehari.

(photo: newbedfordguide.com)