Amankah Penggunaan Produk Mengandung Triclosan Bagi Kesehatan Tubuh?

Loading...

TriclosanKandungan Triclosan dalam sebuah produk

Saat ini tidak ada cukup bukti untuk merekomendasikan menghindari penggunaan produk yang mengandung triclosan – bahan yang ditambahkan ke sabun, kosmetik, pakaian, peralatan masak, furniture dan mainan tertentu untuk mengurangi atau mencegah kontaminasi bakteri. Akan tetapi, penelitian terbaru telah mengangkat pertanyaan tentang apakah triclosan aman bagi kesehatan.

Simak artikel berikut untuk menemukan jawabannya, dikutip dari mayoclinic.com.

Penelitian telah menunjukkan bahwa triclosan:

– Mengubah hormon regulasi pada hewan
– Mungkin berkontribusi terhadap pengembangan kuman yang resistan terhadap antibiotik
– Mungkin berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh

Bila Anda menggunakan produk yang mengandung triclosan, Anda dapat menyerap sejumlah kecil melalui kulit atau mulut. Sebuah penelitian di tahun 2008, yang dirancang untuk menilai paparan triclosan dalam sampel yang representatif dari anak-anak dan orang dewasa di Amerika Serikat, menemukan triclosan dalam urine hampir 75 persen dari mereka yang diuji.

Triclosan bukan merupakan unsur penting dalam banyak produk. Meskipun triclosan yang ditambahkan ke pasta gigi telah terbukti membantu mencegah radang gusi, tidak ada bukti bahwa sabun dan body wash antibakteri yang mengandung triclosan memberikan manfaat tambahan, menurut U.S. Food and Drug Administration.

Jika Anda khawatir tentang triclosan, carilah produk yang tidak mengandung triclosan dalam bahan-bahannya.

READ:  Makanan dan Minuman Penyebab Sakit Maag

(photo: business-ethics.com)