Kenali Kerusakan Motor Anda dari Asapnya

Loading...

asap knalpot motorAsap knalpot motor

Motor layaknya manusia. Ketika hal aneh terlihat dari seseorang, pasti ada sesuatu yang bermasalah. Begitu juga dengan motor. Setiap hal-hal aneh diluar kenormalan terlihat dari motor Anda, yakin saja pasti ada sesuatu yang bermasalah dengan motor itu. Contoh kecilnya adalah ketika Anda mencium bau bensin di sekitar motor, artinya kran bensinnya pasti belum ditutup sehingga mengakibatkan kebanjiran di dalamnya.

Berbeda lagi dengan asap pada motor. Asap yang berlebihan keluar dari knalpot motor menandakan ada sesuatu yang bermasalah pada motor itu. Memang saat dikendarai jalannya tetap mulus, namun pasti ada saja masalah lain yang tak tampak oleh mata kita. Karena kerusakannya berada di bagian dalam mesin.

Ada dua tipe asap yang keluar dari knalpot motor ketika mengalami kerusakan. Asap berwarna hitam dan asap berwarna putih. Simak penjelasan berikut ini yang bisa memberikan informasi kepada Anda mengapa bisa begitu dan bagaimana mengatasinya.

Asap Knalpot Putih

Asap putih mengindikasikan bahwa dalam ruang bakar motor Anda atau tempat piston motor bergerak ada masalah. Ada dua tipe kerusakan lagi yang bisa mengakibatkan asap motor menjadi putih. Pertama, bila pemakaian pertama motor (biasanya pagi hari) mengeluarkan asap putih dan lama-kelamaan mulai menghilang, artinya ada yang bermasalah pada settingan klep Anda. Bisa saja itu diakibatkan oleh karena klep dan bushing klep Anda sudah aus. Salah satu solusi yang bisa ditawarkan adalah mengganti klep Anda dengan yang baru.

READ:  Bagaimana Meminimalisir Bau Interior Mobil Pasca Kebanjiran

Kedua, bila asap putih itu terus menerus keluar, bahkan mesinnya sudah panas, artinya ada oli yang masuk ke dalam ruang bakar tersebut. Normalnya, silinder tempat piston ini harus kering. Yang boleh mengisi ruang itu hanya bahan bakar, udara, dan api, sehingga bisa terjadi pembakaran yang sempurna. Namun bila ternyata olinya masuk ke dalam ruang bakar, maka akibatnya adalah asap putih yang keluar dari knalpot motor Anda. Hal ini diakibatkan karena silinder dan/atau piston ruang bakar Anda mengalami kebocoran. Jadi oli yang ada di mesin naik ke silinder tadi. Hal seperti ini masih bisa diatasi, yang penting Anda segera memperbaikinya. Karena jika hal ini terus-menerus terjadi dan dibiarkan, oli pada ruang mesin bisa habis dan meninggalkan kerak hitam di ruang bakar. Dan jika habis, artinya tidak ada lagi pelumas. Tidak ada pelumas dalam mesin artinya mesin bisa macet total.

 Asap Knalpot Hitam

Asap hitam biasanya diakibatkan dari pembakaran bensin yang tidak sempurna. Artinya ada kekeliruan dalam pada mesin motor Anda ketika melakukan proses campuran bensin dan udara. Efek dari asap seperti ini adalah membuat mata pedih karenanya.

READ:  Ini Dia Masalahnya Jika Persneling Motor Susah Pindah

Bila Anda membawa motor ke bengkel, maka yang harus dicek adalah mainjet dan pilot jet, khususnya bila mesin menggunakan karburator. Sedangkan untuk motor injeksi, yang harus dicek adalah saringan udaranya. Bila perlu harus dibersihkan. Jangan lupa juga mengecek TPS-nya, O2 Sensor-nya, Remapping ECU-nya, dan Map Sensor-nya juga sehingga pembakaran nantinya bisa sempurna. Selain itu, kondisi pengapian harus dicek juga seperti pada businya.

Semoga info ini bisa membantu Anda menangani masalah pada motor Anda terkait asap yang dikeluarkan.

(photo: otosia.com )