Hal-Hal Yang Wajib Diketahui Saat Service Motor di Bengkel Resmi

Loading...

Service motorService motor

Memiliki kendaraan khususnya kendaraan bermotor wajib hukumnya untuk selalu di-service. Agar kondisinya fit selalu, service pun harus dilakukan rutin setiap bulan. Apalagi bila motor Anda sudah termasuk lama pakai. Tempat service banyak bisa ditemui dimana saja, utamanya juga bengkel resmi pabrikan. Dan memang disarankan di situ.

Service motor di bengkel resmi memang bagus. Didukung oleh peralatan yang cukup lengkap, ditambah lagi dengan mekanik yang bersertifikat dari pabrikan. Selain itu, akan ada catatan riwayat service dari motor Anda. Sehingga akan menjadi nilai tambah tersendiri. Belum lagi jika motorAnda adalah motor baru, pasti bisa mendapatkan fasilitas service gratis.

Tapi tahukah Anda bahwa merawat motor di tempat bengkel resmi pabrikan tidak selamanya memuaskan. Ada juga kekurangannya, hampir sama dengan bengkel umum. Tapi perlu diingat bahwa bukan berarti isi dari artikel ini akan menjelek-jelekkan satu pihak dan menguntungkan pihak lain. Ini adalah pengetahuan yang bisa memberikan Anda inspirasi dalam membuat motor tetap terjaga kualitasnya.

Service gratis maupun non-gratis di bengkel resmi, belum tentu menemukan keluhan inti dari masalah motor Anda. Motor yang sudah lama pastinya pemiliknya yang akan mengetahui seperti apa yang dirasakan ketika mengendarai motornya, seringkali bengkel resmi kemudian hasilnya kurang memuaskan karena diakibatkan beberapa hal berikut ini.

READ:  Tips Memilih Helm Bagi Pengendara Motor

Banyak Mekanik Berbeda Style Tuning-nya

Setiap mekanik entah itu dari bengkel resmi manapun, masing-masing memiliki gaya berbeda dalam memperlakukan dan memperbaiki mesin. Apabila Anda memiliki langganan bengkel umum, terkadang mereka akan memperbaiki hingga ke bagian-bagian kecil motor Anda (tapi tidak semua juga begitu). Sedang mekanik bengkel resmi, men-service motor untuk menormalkan kembali ke kondisi standarnya, sering dikenal dengan istilah tune up. Perlu Anda ingat, setiap pemilik motor memiliki gaya tersendiri mengendarai motor. Terkadang inilah yang kurang dikomunikasikan ke mekanik bengkel resmi.

Mekaniknya Dikejar Target

Mungkin tidak semua bengkel resmi menerapkan target service motor untuk para mekaniknya dalam sehari. Namun, ada juga yang menerapkan hal seperti itu. Hasilnya, mereka harus mengejar target perbaikan motor dalam sehari. Belum lagi bila ada satu motor yang memakan waktu cukup lama saat diservice. Dengan demikian, bisa jadi ada yang terlewatkan belum ditangani dengan benar.

Kurang Komunikasi Dengan Mekanik

Seperti kita ketahui, bengkel resmi akan selalu banyak didatangi oleh pelanggan. Sedangkan mekanik mungkin hanya ada lima orang atau bahkan kurang dari itu. Tentunya kecepatan mekanik memperbaiki motor juga menentukan. Belum lagi bila di tempat service tersebut menyediakan fasilitas-fasilitas seperti TV, bahan bacaan, dan bahkan fasilitas WiFi, tentunya akan membuat komunikasi antar pelanggan dan mekanik akan berkurang.  Saat di mana pemilik motor untuk curhat terkait kondisi motornya juga pasti akan berkurang. Pastinya mekanik akan melakukan service standar saja untuk motor Anda. Padahal keluhan yang lebih banyak akan membuat motor Anda akan semakin baik pula. Ingat, buku catatan service motor Anda tidak menjamin bahwa mekanik akan melakukan yang terbaik.

READ:  Ini Dia Masalahnya Jika Persneling Motor Susah Pindah

Tidak Bisa Memilih Mekanik Kesukaan Anda

Seperti yang sebelumnya di atas, sentuhan tune up dari masing-masing mekanik berbeda-beda. Dan pasti ada satu mekanik yang membuat Anda puas. Mungkin saja karena pelayanannya terlihat sepenuh hati dalam merawat motor Anda layaknya motornya sendiri. Karena memang ada mekanik bengkel service yang asalkan menyelesaikan tugasnya tanpa memperhatikan kerapian dan cara pasang perlengkapan motor Anda. Terkadang ketika kita menyukai gaya service mekanik A pada service pertama, namun ketika service berikutnya ternyata yang menangani adalah mekanik lain. Pastinya akan membuat perasaan Anda akan kecewa.

Belum Sempat Test Drive

Biasanya mekanik akan mencoba motor Anda setelah memperbaikinya, dengan berkeliling sebentar. Namun belum tentu di bengkel resmi. Hal ini dikarenakan masih banyak motor lain yang harus ditangani. Bayangkan saja bila motor Anda lama ditangani, sedangkan masih banyak motor lain di belakang Anda yang menunggu untuk di tune up. Pastinya sang mekanik ada rasa ingin cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan untuk satu motor dan melanjutkannya untuk motor yang lain.

READ:  Inilah 5 Produk Perawatan Mobil Paling Dicari Saat Musim Hujan

Masih banyak hal lain yang bisa Anda teliti sendiri saat memeriksakan motor Anda di bengkel resmi. Dan jangan segan-segan untuk mengeluarkan keluh kesah Anda kepada sang mekanik meskipun harus masuk dalam ruang service itu sendiri. Bukankah hal ini untuk kebaikan motor Anda juga.

Perlu diingat bahwa hal-hal seperti di atas bukan hanya terjadi di bengkel resmi, ada beberapa juga bengkel umum yang demikian. Jadi telitilah dalam men-service motor Anda.

(photo: dkmotorcycles.com)