Mengenal Buah Naga Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Loading...

buah nagaBuah Naga

Buah Naga merupakan salah satu buah unik. Disebut buah naga karena memiliki tekstur kulit yang mirip dengan naga. Buah ini pertama kali ditemukan di wilayah Meksiko, Amerika Tengah. Namun penyebarannya telah sampai dimana–mana termasuk di Indonesia. Buah naga mudah kita temui di supermarket Mall dengan ciri–ciri kulit buah yang berwarna cerah dan memiliki lapisan pembungkus dengan bentuk mirip sisik dengan gradasi berwarna hijau di ujung sisiknya.

Buah naga yang memiliki nama latin  Hylocereus undatus ini ternyata memiliki 4 varietas dengan warna yang menarik.

  1.  Hylocereus costaricensis, yaitu buah naga yang memiliki kulit berwarna merah dan daging yang berwarna merah pekat
  2. Hylocereus polyrhizus, yaitu buah naga yang memiliki buah berwarna merah muda dan dagingnya yang berwarna merah
  3. Selenicereus megalanthus, yaitu jenis buah naga yang memiliki kulit buah berwarna kuning dan memiliki isi berwarna putih
  4. Hylocereus undatus, merupakan jenis buah naga yang memiliki kulit berwarna merah muda dan memiliki daging berwarna putih. Inilah jenis buah naga yang sering kita temukan di supermarket di Indonesia.
READ:  Bagaimana Cara Mudah Budidaya Buah Naga Dalam Pot?

Buah naga telah menjadi buah yang digemari di Indonesia. Bagi yang pertama kali memakan buah naga akan merasa aneh dengan rasanya, tetapi bagi orang yang telah terbiasa memakan buah naga dapat menemukan rasa manis pada setiap bagiannya. Selain rasanya yang manis, ternyata buah naga memiliki banyak manfaat terutama buat kesehatan manusia.

Nah, apa saja manfaat buah naga bagi kesehatan ?

Buah naga dapat membantu mengobati jerawat karena buah naga mengandung vitamin C yang sangat banyak . Vitamin C berperan untuk mengobati jerawat di wajah.

Buah naga dapat mencegah penuaan dini karena mengandung beta-karoten yang berperan mengurangi resiko oksidasi karena radikal bebas. Selain itu juga mengandung vitamin E yang  dapat memperlambat penuaan pada kulit.

Buah naga dapat mencegah penyakit diabetes mellitus karena mengandung serat yang cukup bagus.

Masih banyak lagi manfaat buah naga bagi kesehatan seperti, membersihkan darah, menguatkan daya kerja otak, meningkatkan ketajaman mata, dan dapat mencegah kanker.

Tertarik untuk selalu memngkonsumsi buah naga?

(Photo : tropicalfruitnursery.com)