Inilah 5 Penyebab Anda Mengalami Mimpi Buruk

Loading...

mimpi burukTerbangun karena mimpi buruk

Mimpi adalah bunga tidur agar Anda mendapatkan tidur yang nyenyak. Namun kadang–kadang Anda mengalami mimpi buruk sehingga tidur menjadi gelisah. Siapa saja bisa mengalami mimpi buruk mulai dari anak–anak sampai orang dewasa.  Mungkin banyak di antara kita yang tidak mengetahui penyebab sering mimpi buruk.

Nah, apa saja penyebab mimpi buruk?

1. Stres dan cemas

Stres yang dialami seseorang dalam selama beberapa hari belakangan dapat memicu terjadinya mimpi buruk diwaktu tidur. Stres dapat disebabkan karena bangkrut, perceraian, dan masalah keuangan. Selain stres, ternyata cemas akibat masa lalu dapat mengakibatkan Anda mengalami mimpi buruk. Dari hasil penelitian International Association for the Study of  Dreams mengatakan bahwa kehilangan orang yang dicintai dan menyaksikan kecelakaan tragis dapat menyebabkan seseorang mengalami mimpi buruk.

2. Makan yang berlemak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak makanan berlemak yang dikonsumsi maka jumlah dan kualitas tidur akan berkurang. Dalam sebuah penelitian Psychological Reports  menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan organik dan orang yang mengonsumsi makanan junk food memiliki mimpi yang berbeda.

READ:  Benarkah Susu Menyebabkan Jerawat?

3.  Obat–obatan

Beberapa jenis obat–obatan seperti anti depresi, narkotika dan barbiturat menyebabkan mimpi buruk sebagai efek sampingnya. Menurut penlitian yang di terbitkan di  Journal Psychopharmacology mengatakan bahwa ketamin obat yang digunakan dalam anestesi dapat membuat mimpi buruk dibandingkan dengan obat yang lain.

4. Makan sebelum Tidur

Orang tua melarang tidur setelah makan, ternyata makan menjelang waktu  tidur dapat menyebabkan kita mengalami mimpi buruk. Hal ini karena mempengaruhi metabolisme tubuh dan meningkatkan aktivitas otak.

5. Penyakit

Beberapa jenis penyakit seperti demam dan flu dapat membuat tidur tidak nyaman, sering terbangun dan menyebabkan kualitas tidur jadi berkurang yang pada akhirnya akan membuat Anda mengalami mimpi buruk.

Salah satu cara mencegah mimpi buruk adalah dengan membuat tubuh menjadi rileks, menghilangkan segala beban pikiran. Mandi air hangat dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih rileks.

(photo : vemale.com)