Menguraikan dan Mengenal Feses Bayi Berdasarkan Warnanya

Loading...

mengamati warna feses bayiMengamati warna feses bayi

Menjadi calon orang tua bagi sang bayi, berarti siap memahami hal-hal yang terjadi pada bayi. Salah satu hal penting yang harus dipahami oleh calon orang tua adalah jenis-jenis kotoran (feses) bayi. Sama halnya dengan kita para orang dewasa, bayi juga mengeluarkan feses dari lubang dubur. Namun, biasanya para orang tua baru selalu waspada atau bahkan tidak mengetahui apakah warna feses bayinya normal atau tidak.

Berikut jenis-jenis feses bayi berdasarkan warna pada umumnya:

Hijau Tua

Jika feses bayi Anda berwarna hijau tua, hal ini berarti normal jika bayi Anda berusia beberapa hari. Normalnya, feses bayi pertama berwarna hijau tua karena mengandung meconium.

Kuning Mustard

Jika feses bayi Anda berwarna kuning tua atau kuning saos mustard, ini menandakan bahwa bayi Anda hanya mengkonsumsi ASI dan hal ini wajar terjadi.

Kuning Kehijauan

Jika feses bayi berwarna kuning kehijauan, artinya bayi Anda mengkonsumsi susu formula utuk bayi dan hal ini wajar.

READ:  4 Tips Merawat Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah dan Prematur

Merah

Jika feses bayi Anda berwarna kemerahan atau merah, segera temui dokter anak Anda, karena feses bayi berwarna merah mengandung darah. Hal ini menandakan bahwa bayi Anda memiliki masalah pada organ tubuhnya, terutama pencernaan.

Putih

Feses berwarna putih jarang terjadi pada bayi. Namun, apabila bayi Anda mengeluarkan feses berwarna putih, segera kunjungi dokter anak Anda. Hal ini menandakan bahwa bayi Anda memiliki masalah pada hati (liver).

Semoga bermanfaat.

(photo: blogs.babble.com )