Mengukur Temperatur Dengan Mendengarkan Suara Jangkrik

Loading...

JangkrikMengukur temperatur berdasarkan derik jangkrik

Semua makhluk hidup berdarah dingin, termasuk semut dan jangkrik, menjalankan fungsi tubuh mereka lebih cepat pada temperatur lebih tinggi. Semut berjalan lebih cepat ketika udara sedang panas. Sementara jangkrik, derik mereka dirancang oleh hukum alam agar dapat disesuaikan langsung dengan temperatur.

Jangkrik berderik lebih cepat ketika mereka merasa lebih hangat dari waktu sebelumnya. Cara terbaik untuk mengetahui temperatur ala jangkrik adalah dengan mendengarkan derik jangkrik pohon asal Amerika Utara. Namun tak perlu khawatir jika tidak menemukan jangkrik jenis tersebut, karena umumnya jangkrik berderik dengan irama dasar yang kurang lebih mirip satu sama lain.

Caranya yaitu menghitung jumlah derik jangkrik selama lima belas detik. Setelah itu, tambahkan dengan empat puluh. Anda pun akan menemukan angka temperatur dalam derajat Fahrenheit. Jika ingin menghitung dalam Celcius, cukup hitung jumlah derik selama delapan detik, kemudian tambahkan dengan angka lima.

Ingat bahwa keunikan ini hanya berlaku sekitar posisi jangkrik yang berderik untuk saat itu juga. Perubahan temperatur pun dapat berubah-ubah sesuai waktu dan kejadian saat itu juga.

READ:  Penemuan Vaksin Melanoma Baru

(photo: homepage.ntu.edu.tw )