Mengenal Penyakit Tiroid

Loading...

pemeriksaan tiroidPemeriksaan tiroid

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di leher. Ia merupakan kelenjar master dari metabolisme. Ketika tiroid Anda tidak berfungsi, hal itu dapat mempengaruhi setiap aspek kesehatan Anda.

Apa itu Penyakit Tiroid?

Orang yang memiliki penyakit tiroid, baik menghasilkan hormon tiroid terlalu banyak atau terlalu sedikit untuk menjaga keseimbangan yang tepat dalam tubuh. Kadar hormon tiroid yang tidak stabil dapat menyebabkan sejumlah gejala, termasuk kelelahan, masalah emosional, dan penambahan berat badan atau penurunan berat badan. Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti ini, penting untuk dievaluasi oleh dokter Anda.

Mendiagnosis Masalah Tiroid

Jika Anda mengalami gejala masalah tiroid, tes darah sederhana adalah langkah yang harus dilakukan oleh semua dokter untuk membuat diagnosis. Hipotiroidisme dan hipertiroidisme mudah terdeteksi, meskipun penyakit tiroid yang lebih rumit dapat membutuhkan uji tambahan.

Faktor Resiko Penyakit Tiroid

Usia, jenis kelamin, riwayat kesehatan keluarga, dan kesehatan secara keseluruhan semuanya memainkan peran pada seberapa besar kemungkinan Anda untuk menderita masalah tiroid. Mengetahui tentang faktor-faktor resiko ini penting agar Anda bisa mendapatkan screening dan memulai pengobatan lebih awal jika Anda memiliki masalah tiroid.

READ:  9 Tanda Mengejutkan dari Hipotiroidisme

Apa Artinya Memiliki Tiroid Kurang Aktif?

Dikenal juga sebagai hipotiroidisme, tiroid kurang aktif merupakan salah satu penyakit tiroid yang paling umum. Ini mencegah tiroid dari membuat cukup hormon untuk mengatur proses tubuh seperti metabolisme. Namun diagnosis dan pengobatan yang tepat dapat membantu Anda menghindari komplikasi.

Masalah Tiroid dan Resiko Kanker

Ketika nodul terbentuk pada tiroid mereka biasanya jinak, tetapi kadang-kadang bisa menjadi kanker. Kabar baiknya adalah bahwa bahkan ketika kanker tiroid didiagnosis, pengobatan umumnya sangat efektif jika ditangani sejak dini.

(photo: istockphoto)