Mengenal Jenis-jenis Skizofrenia

Loading...

skizofreniaSkizofrenia (photo: diyhealth.com)

Ada tiga subtipe utama skizofrenia, masing-masing diklasifikasikan oleh gejala yang paling menonjol:

  • Skizofrenia Paranoid
  • Skizofrenia Tidak Teratur (Tidak Terorganisir)
  • Skizofrenia Katatonik

Tanda dan gejala skizofrenia paranoid
Ciri skizofrenia paranoid adalah gagasan yang absurd atau mencurigakan dan keyakinan. Ide-ide ini biasanya berkisar tema, koheren terorganisir atau cerita yang tetap konsisten dari waktu ke waktu. Delusi ‘penganiayaan’ adalah tema yang paling sering, namun delusi ‘keagungan’ juga umum.

Orang dengan skizofrenia paranoid menunjukkan sejarah paranoia yang meningkat dan kesulitan dalam hubungan mereka. Mereka cenderung untuk berfungsi lebih baik dibandingkan orang dengan subtipe skizofrenia lainnya. Sebaliknya, pemikiran mereka dan perilakunya kurang teratur dan prognosis jangka panjang mereka lebih baik.

Tanda dan gejala skizofrenia tidak teratur
Skizofrenia Disorganized (tidak teratur) umumnya muncul pada usia lebih dini daripada jenis lain dari skizofrenia. Gejalanya munculnya secara bertahap, bukan tiba-tiba.

Karakteristik yang membedakan dari subtipe ini adalah cara mereka bicara dan berperilaku tidak teratur. Orang dengan skizofrenia tidak teratur juga memiliki kesulitan merawat diri, dan mungkin tidak dapat melakukan tugas-tugas sederhana seperti mandi atau makan sendiri.

READ:  Waspadai 9 Perawatan Kecantikan Berbahaya Ini!

Gejala-gejala skizofrenia tidak teratur meliputi:

  1. Gangguan dalam komunikasi
  2. Cara berbicara atau menyampaikan pendapat tidak dimengerti.
  3. Inappropriate reaksi / Reaksi yang tidak biasa.(misalnya tertawa di pemakaman)
  4. Emosional ketidakpedulian
  5. Cara berbicara yang seperti bayi
  6. Tingkah laku dan ekspresi wajah aneh.

Orang dengan skizofrenia tidak teratur kadang-kadang menderita halusinasi dan delusi, tapi tidak seperti subtipe paranoid, fantasi mereka tidak konsisten atau terorganisir.

Tanda dan gejala skizofrenia katatonik
Ciri skizofrenia catanoic adalah gangguan dalam gerakan: baik penurunan aktivitas motorik, mencerminkan keadaan stupor, atau peningkatan aktivitas motorik, mencerminkan keadaan tereksitasi.

Tanda-tanda stupor bermotor. Keadaan stupor mencerminkan penurunan dramatis dalam aktivitas. Orang sering berhenti bergerak dan berbicara, dan mungkin sangat tahan terhadap segala perubahan dalam posisinya, bahkan dalam posisi canggung atau tidak nyaman selama berjam-jam.

Tanda-tanda excited bermotor. Kadang-kadang, orang dengan skizofrenia katatonik berubah secara tiba-tiba dari keadaan pingsan ke keadaan kegembiraan yang ekstrim. Selama keadaan seperti ini, mereka bisa berteriak, bicara cepat, bolak-balik, atau bertindak kekerasan-baik terhadap diri mereka sendiri atau orang lain.

READ:  8 Kiat Sederhana Mengeluarkan Racun Dari Tubuh

Orang dengan skizofrenia katatonik sangat dapat disugesti. Mereka secara otomatis dapat mematuhi perintah, meniru tindakan orang lain, atau meniru apa yang orang lain katakan.