Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Loading...

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang sangat gampang ditemui dan kaya manfaat. Selain bisa langsung dimakan, buah pisang dapat dijadikan sereal maupun smoothie (minuman seperti jus).

Berikut ada 8 alasan mengapa Anda harus mengkonsumsi buah pisang seperti yang dikutip dari healthdiaries.

Diet Buah Pisang

Satu buah pisang memiliki sekitar 100% RDA dari serat makanan dan hanya mengandung sekitar 180 kalori. Serat buah pisang tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga menjaga gula darah rendah dan menekan nafsu makan.

Tekanan Darah Rendah

Studi menunjukkan bahwa jumlah tinggi kalium dalam pisang (lebih dari 13% dari RDA) dapat menurunkan tekanan darah seseorang, yang kemudian dapat mengurangi kemungkinan terkena serangan aterosklerosis, jantung dan stroke.

Menjaga Kesehatan Tulang

Seiring dengan menurunkan tekanan darah, potasium mencegah melemahnya tulang dalam tubuh. Asupan sodium yang tinggi dapat menyebabkan jumlah berlebihan kalsium akan hilang melalui urine (di Amerika, biasanya orang berdiet yang mengakibatkan asupan sodium bertambah).

Hal ini tidak hanya mengancam kekuatan tulang tetapi juga memberikan pengaruh negatif pembekuan darah, kontraksi otot, dan fungsi normal sistem saraf. Kalium yang ada dalam buah pisang menetralkan jumlah tinggi natrium dalam diet seseorang, sehingga memungkinkan untuk memiliki jumlah kalsium yang cukup yang dibutuhkan tulang.

READ:  Sabun Batang VS Sabun Cair

Penyerapan Gizi Tinggi

Kalium dalam pisang bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan kalsium dalam tubuh. Pisang juga mengandung fructooligosaccharide (FOS) yang sangat tinggi – bersama dengan insulin – berguna untuk penyerapan kalsium.

FOS juga memelihara bakteri sehat dalam usus besar yang memproduksi vitamin dan enzim pencernaan yang meningkatkan keseluruhan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi.

Pisang membantu melancarkan saluran pencernaan sehingga dapat mengurangi efek tidak nyaman diare dan sembelit. Jumlah tinggi kalium dalam pisang dapat memperlengkapi elektrolit yang mudah habis saat menderita diare – kalium menjadi elektrolit penting itu sendiri.

Selain itu, pisang dapat membantu tubuh agar terhindar dari sembelit dan membantu memulihkan pencernaan biasa dengan pektin, polisakarida larut yang membantu menormalkan saluran pencernaan.

Rugged Gut

Pisang melindungi perut agar tetap sehat dengan dua cara. Pertama, mereka memicu produksi lendir di lambung, yang menjadi pelindung terhadap asam lambung.

Kedua, pisang memiliki inhibitor protease, suatu zat yang memecah bakteri dalam perut yang menyebabkan bisul. (Selain itu, PI juga menghambat replikasi sel-sel tertentu dan virus, termasuk HIV.)

READ:  Cara Membuat Kondisioner Alami dari Buah Pisang

Pencegahan Kanker

Sebuah penelitian besar oleh Journal of Cancer internal menggambarkan bahwa kemungkinan terkena resiko kanker ginjal sangat berkurang bila konsumsi sering buah-buahan dan sayuran, terutama pisang.

Vitamin B6

Satu buah pisang memiliki 34% dari RDA vitamin B6, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Sebagai contoh, B6 dalam pisang bertindak sebagai anti-inflamasi yang membantu menangkal penyakit jantung, diabetes tipe II serta obesitas.

B6 juga berkontribusi terhadap pemeliharaan kelenjar limfoid yang menjamin produksi sel darah putih yang sehat yang melindungi tubuh dari infeksi. Vitamin B6 dalam pisang juga memainkan bagian penting dalam pembentukan sel dan fungsi sistem saraf yang tepat.

(foto: inhabitat.com)