Deteksi Masalah Kesehatan Melalui Kuku

Loading...

Kuku dan KesehatanKuku Sehat 

Tahukah Anda jika penampakan kuku itu bisa mencerminkan kondisi kesehatan tubuh kita?

Bila diamati dengan baik, beberapa gejala akan nampak pada kuku jika ada masalah dengan kesehatan tubuh. Akan tetapi mesti hati-hati juga, bisa saja masalah yang timbul ini merupakan masalah dari kuku itu sendiri, seperti bakteri, jamur, kuku tumbuh ke dalam, tumor atau kutil, atau masalah lainnya yang berhubungan dengan kesehatan umum.

Jika kuku berbentuk cekung pada sisinya, hal ini dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi dan menunjukkan bahwa kemungkinan besar kita menderita anemia, panyakit koroner, hypothyroidism atau kekurangan gizi.

Jika ada pendarahan di bawah kuku, hal ini mungkin disebabkan oleh trauma atau penyebab internal, sehingga sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Apalagi, jika memiliki kuku dengan kelengkungan yang lebih besar dan pertumbuhan berlebihan dari jaringan ikat dan pembengkakan di sekitar jari, yang mungkin saja menunjukkan beberapa jenis kegagalan misalnya paru-paru, jantung, hati, pencernaan dan ginjal.

READ:  Tingkatkan Kesehatan Sistem Pernapasan Anda dengan Makanan Ini!

Jika terdapat garis putih pada kuku, maka kemungkinan ada reaksi buruk terhadap obat tertentu, penyakit menular, ginjal dan masalah kardiovaskular.

Jika kuku berwarna kuning, tumbuh tipis dan keras, dapat disebabkan oleh asma, bronkitis kronis atau TBC.

Beberapa hal tersebut di atas adalah gejala yang harus diwaspadai, akan tetapi untuk tindakan media selanjutnya sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

(foto: venusbuzz.com)