Manfaat Cuka Apel Untuk Rambut dan Kulit

Loading...

apple-cider-vinegarCuka Apel 

Biasanya cuka apel hanya digunakan sebagai salah satu bahan dressing salad atau membuat acar. Tapi, tahukah Anda bahwa cuka apel sebenarnya sangat baik untuk kulit dan rambut? Simak artikel berikut ini yang dikutip dari organicauthority.

Pemilihan shampoo yang tidak tepat dapat mengakibatkan rambut Anda kering, rusak maupun kehilangan kelembaban alami rambut itu sendiri. Keasaman sari cuka apel akan membantu Anda memperbaiki kondisi rambut dengan cara menyeimbangkan pH alami kulit rambut.

Pilihlah cuka sari apel organik untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Berikut beberapa cara yang bisa Anda praktekkan agar mendapatkan rambut serta kulit yang sehat.

Untuk rambut

Cuka sari apel membantu menghilangkan sisa residu yang ada di rambut yang berasal dari produk perawatan rambut yang digunakan. Bila digunakan secara teratur, cuka sari apel dapat merevitalisasi rambut sehingga rambut menjadi lebih halus dan lembut. Cuka juga dapat menutup kutikula rambut yang artinya rambut juga akan tampak lebih berkilau.

Cara membuat:

  • Cuka sari apel dan air = 1:1
READ:  Tips Merawat Rambut Kering Secara Alami

Cara penggunaan:

  • Campurkan cuka sari apel dengan air. Setelah keramas tuangkan campuran tersebut ke rambut. Akan lebih baik bila menggunakan spray atau botol semprot.
  • Pijat kulit kepala perlahan-lahan dan diamkan selama beberapa menit lalu bilas. Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan memakai kondisioner.

Untuk Kulit

Pada dasarnya kulit bersifat asam cuka, sari asam dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH alami kulit. Bila pH kulit seimbang, maka kulit tidak akan terlalu kering mapun terlalu berminyak.

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan antara lain, mengurangi kemerahan di kulit dan melembutkan kulit.  Tips: Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke bath tub ketika Anda akan mandi.

Cara membuat Apple Cider Vinegar Facial Toner:

  • Cuka sari apel (1) : Air (2).

Cara penggunaan:

  • Campur cuka dan air lalu semprot ke wajah dengan menggunakan spray. Atau celupkan kapas ke cairan lalu tepuk-tepuk perlahan ke kulit wajah.
  • Ketika disemprotkan tipi-tipis di wajah, cuka sari apel akan membentuk layer di kulit wajah, mengunci kelembaban. Hasilnya akan lebih baik setelah sebelumnya Anda membersihkan wajah terlebih dahulu.
  • Jangan khawatir dengan bau cuka, karena akan hilang setelah beberapa saat. Bila Anda mempunyai kulit sensitif, tambahkan air di larutan toner.
READ:  4 Pengaruh Mendengarkan Musik Selama Kehamilan

(foto: koilsbynature.com)