Sistem Limfatik dan Cara Kerjanya

Loading...

Sistem Limfatik (photo: seifmedgraphics.com)

Kebanyakan orang mungkin tidak tahu apa itu sistem limfatik tubuh, dan itu bisa dimengerti. Ia adalah sistem yang cukup diremehkan! Tapi benar-benar penting untuk kemampuan tubuh kita dalam detoksifikasi, memelihara dan regenerasi jaringan, menyaring sisa metabolisme, dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Di sini kami akan menjelaskannya, dirangkum dari tulisan Tracy melalui blognya.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa salah satu alasan yang mungkin untuk jerawat adalah bahwa tubuh menciptakan gejala yang tidak menyenangkan untuk menangani limbah metabolisme berlebih, racun, dan hormon ketika tidak bisa mengikuti detoksifikasi. Sebagai rencana cadangan, mungkin berakhir menghilangkan kelebihan melalui kulit dan muncul sebagai gangguan kulit jerawat atau lainnya (kulit adalah organ terbesar detoksifikasi tubuh, meskipun tidak harus menjadi yang utama).

Nah, mampatnya sistem getah bening adalah kemungkinan alasan mengapa ia tidak dapat bersama dengan timbunan tersebut, dan bisa mengakibatkan buruknya kondisi jerawat.

Apa itu sistem limfatik dan Bagaimana cara kerjanya?

READ:  Nikmati Segarnya Jus Kiamboy dan Dapatkan Manfaat Sehatnya

Anda tahu kelenjar getah bening Anda? Yang seperti benjolan kecil di tenggorokan dan pangkal paha yang membengkak ketika Anda sakit?

Itulah sistem limfatik Anda. Bagian dari itu. Bagian yang paling terkenal.

Seluruh sistem sebenarnya terdiri dari jaringan organ, pembuluh, saluran, dan kapiler-kapiler yang menjalankan seluruh tubuh secara keseluruhan. Ini sistem sirkulasi sekunder dan berjalan di sepanjang sisi jaringan tubuh dari pembuluh darah dan arteri, akan tetapi  ia tidak membawa darah, ia membawa cairan bening yang disebut cairan getah bening.

Anda tahu ketika menekan jerawat, dan bukan darah, Anda mendapatkan cairan bening, berwarna putih, yang kemudian membentuk keropeng? Ya… itu cairan getah bening.

Cairan getah bening mengedarkan infeksi melawan sel darah putih, yang membantu Anda untuk menghindari infeksi dan penyakit, serta menciptakan antibodi sehingga tubuh dapat merespon penjajah yang lebih baik di masa depan. Ia juga mengumpulkan cairan ekstra dari tubuh dan menyaring limbah, racun, dan kelebihan hormon dari itu dengan mengirimnya ke kelenjar getah bening untuk dimusnahkan. Ini sirkulasi yang tepat dan fungsi super penting untuk menjaga Anda tetap sehat. Ini sering disebut sebagai “sistem drainase” tubuh atau “sistem saluran pembuangan” – dan Anda tidak ingin selokan atau saluran air Anda tersumbat, kan?!

READ:  Netralisir Keasaman Darah dengan Jus Sayur

Namun hal aneh tentang sistem getah bening adalah bahwa tidak seperti sistem peredaran darah utama yang memompa darah ke seluruh tubuh melalui jantung, sistem getah bening tidak memiliki pompa sendiri, dan hanya beredar dalam satu arah.

Ini berarti bahwa hal itu bergantung pada pergerakan otot dan gerakan diafragma Anda (napas dalam-dalam sekarang!) untuk mengedarkannya.